Banjir di Ngemplak, Angin Ribut di Banyudono

Seorang warga membersihkan ranting dan batang pohon kantil yang tumbang. 
?

BOYOLALI Hujan deras yang mengguyur wilayah Boyolali, Selasa (4/10) sore hingga malam, mengakibatkan banjir di wilayah Kecamatan Ngemplak. Di wilayah Kecamatan Banyudono, bahkan disertai angin kencang. Sejumlah rumah di Dukuh Gurung, Desa Dukuh mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon yang tumbang. 
Ada dua pohon yang tumbang dan menimpa dua rumah warga. Pohon sukun tumbang menimpa teras rumah milik Yatno (60). Sedangkan genteng rumah milik Joko (25) rusak tertimpa pohon kantil. Akibatnya, sebagian genteng berserakan dan kayu usuk serta reng patah.
Pohon kantil yang tumbang tersebut juga mengenai sebuah mobil pikap milik Sutrimo (51) dan pagar rumah milik Waluyo (51) roboh. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.
Rabu (5/10) pagi, warga bergotong-royong memotongi dan membersihkan pohon yang tumbang. Warga juga bergotong-royong memperbaiki atap rumah yang rusak.
Menurut Waluyo, peristiwa hujan disertai angin ribut terjadi usai shalat maghrib. Tiba-tiba terjadi hujan deras disertai angin kencang. Di belakang rumah ada suara keras, saya cek ternyata pohon kantil tumbang ke arah selatan. Akibatnya, tembok pagar ikut roboh, katanya.
Sementara itu hujan desa juga mengakibatkan banjir di wilayah Kecamatan Ngemplak Selasa malam. Sedikitnya sembilan rumah di Dukuh Sidorejo, Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak terendam banjir. Yakni Milik Slamet (45), Wito (60), Ngadinah (65), Tumiyem (55), Ristanto (48), Hadi Lipo (50), Purwanto (47), Suroso (55) dan Slamet B (52). 
Banjir diakibatkan Kali Pepe meluap. Air mulai masuk rumah warga sekitar pukul 20.00. Namun air cepat surut. Air mulai surut sekitar pukul 22.00. 
Kabid Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Purwanto, mengatakan banjir disebabkan Kali Pepe meluap. Akibatnya air masuk ke rumah warga dengan ketinggian mencapai 30 sentimeter. Air juga membawa lumpur masuk ke rumah warga.
Dia menyatakan tak ada Korban jiwa dalam peristiwa ini. Tim Reaksi Cepat (TRC) tanggap darurat BPBD Boyolali sudah langsung bergerak ke lokasi setelah mendapat laporan banjir.  BPBD telah menyiapkan logistik untuk gotong-royong membersihkan rumah warga yang terdampak banjir. (MJ-07

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 5 = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.