Bangunan Baru di Dekat Candi Mendut Masih Misterius

Bangunan yang ditemukan di dekan Candi Mendut, sampai saat ini belum bisa dipastikan fungsinya. Foto Metrojateng
Bangunan yang ditemukan di dekan Candi Mendut, sampai saat ini belum bisa dipastikan fungsinya. Foto Metrojateng

MUNGKID– Proses penggalian struktur bangunan di dekat Candi Mendut Kabupaten Magelang masih terus dilakukan. Hingga saat ini bangunan yang terpendam itu masih misterius.

Penggalian dilakukan oleh arkeolog UGM dan Balai Konservasi Borobudur di sekitar Candi Mendut Kabupaten Magelang. “Belum bisa dipastikan. Apakah ini candi perwara, atau candi pendamping Candi atau bagian Candi Mendut,” kata Tim Penggali Andi Putranto dari akeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Menurutnya, dari hasil ekskavasi yang telah dilakukan hingga kemarin, belum ditemukan adanya bukti-bukti yang menunjukkan fungsi bangunan ini secara jelas. “Karena belum ada temuan bukti-bukti tertentu, maka dari kegiatan ekskavasi ini hanya bisa disimpulkan bahwa ada temuan satu candi baru di kompleks Candi Mendut, ujar dia.

“Pada fondasi ini belum ditemukan bukti apakah bangunan ini sebagai tempat untuk mempersiapkan upacara sembahyang, atau tempat untuk melaksanakan ritual lainnya, tambah Andi

Andi bersama kelompok mahasiswanya ikut dalam ekskavasi BCB di kompleks Candi Mendut yang dilakukan oleh Balai Konservasi Borobudur (BKB), April lalu. Seminggu lalu, BKB kembali melakukan ekskavasi tahap II, yang akan berlangsung sekitar 15 hari. Luas areal yang menjadi lokasi ekskavasi mencapai delapan meter persegi. (MJ-14)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

25 − 21 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.