Bangun Depo Lokomotif Baru, 66 Rumah di Tegal Dibongkar

Sesuai dengan peraturan yang ada, warga menerima ganti rugi Rp 250.000 per meter persegi.

TEGAL – Sebanyak 66 rumah di RW VII Kelurahan Panggung, Kota Tegal yang dibangun di atas lahan PT KAI dibongkar. Hal tersebut dilakukan, menyusul rencana percepatan PT KAI Daop 4 Semarang dalam pengembangan.

PT KAI Daop 4 Semarang melakukan pengawasan pembongkaran rumah di RW III Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Foto : metrojateng.com/ adithya

Dari pantauan metrojateng.com di lapangan, 66 rumah tersebut dibongkar secara pribadi oleh warga terdampak. Mereka membongkar dengan sukarela, setelah mendapat uang ganti rugi dan ganti bongkar dari PT KAI pada pekan lalu.

‎Deputi Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, Daniel Johannes mengatakan, penertiban aset tersebut dilakukan guna pengembangan Depo Lokomotif Tegal dan pembuatan bengkel mesin bubut roda kereta api.

“Dari 66 rumah sudah 59 unit yang dibongkar. Sisanya tentu akan menyusul sampai 7 Oktober 2019. Sesuai dengan peraturan yang ada, warga menerima ganti rugi Rp 250.000 per meter persegi,” kata Daniel saat melakukan pengawasan di Tegal, Rabu (3/10/2019) siang.

Sementara itu, warga mengaku pasrah dan memilih membongkar rumah sendiri karena sadar tanah yang mereka tempati bukan tanah miliknya. Salah satu warga, Wasroni mengaku, sudah 10 tahun menempati tanah milik PT KAI dengan mendirikan bangunan rumahnya.

Kini, Wasroni  bersama keluarganya berencana mengontrak rumah menggunakan uang dari hasil ganti rugi yang telah diterima sejak minggu kemarin. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.