Bangkai Heli Basarnas Dikirim ke Jakarta

?

TEMANGGUNG – Proses evakuasi helikopter Dauphin milik Badan SAR Nasional (Basarnas) dipastikan kelar sore ini, Kamis (6/7). Brigjen TNI Marinir, Ivan Ahmad Rizki Titus, Direktur Operasi dan Latihan Basarnas mengatakan, semua potongan helikopter buatan Perancis itu kini sudah diangkut menuju Jakarta.

“Pukul 16.00 WIB tadi kita memakai dua truk besar untuk membawa semua potongam helikopter menuju Jakarta. Evakuasi yang kita lakukan sudah selesai tetapi untuk penutupan operasi masih menunggu tindak lanjut dari Kepala Basarnas,” kata Ivan, saat dihubungi wartawan.
Seperti diketahui, helikopter HR 3602 milik Basarnas itu mengalami kecelakaan maut setelah jatuh di Gunung Butak, Canggal Temanggung belum lama ini. Delapan orang tewas di lokasi kejadian. Empat merupakan personel Basarnas dan empat lainnya aparat TNI AL.
Ivan menyatakan untuk proses investigasi saat ini masih berlansung. Tim investigasi yang beranggotakan jajaran Basarnas, TNI AL, KNKT dan pihak PT Dirgantara Indonesia sebagai perakit helikopter masih memperdalam penyelidikan untuk mengungkap pemicu utama kecelakan maut tersebut.
Evakuasi helikopter dikerjakan dengan memotong bangkai helikopter menjadi beberapa bagian kecil. Selanjutnya, katanya, potongan helikopter dibawa turun gunung oleh petugas SAR.
“Kita memotong ada ketentuannya. Tantangannya yaknu ada bahan metal pada bangkai helikopter sehingga cukup menyusahkan,” bebernya.
Tak hanya itu saja, katanya. Medan yang curam dengan titik kemiringan 90 derajat membuat evakuasi sedikit terhambat. Apalagi  petugas memanggul potongan helikopter secara manual.
Ada 100 personel yang terlibat dalam evakuasi helikopter. Gearbox seberat 300 kilogram sore ini juga berhasil dibawa turun gunung oleh personelnya.
Selama evakuasi berlangsung, menurut Humas Basarnas Jateng Zulhawary Agustianto, ada titik perkebunan warga mengalami kerusakan. Namun, pihaknya berjanji akan menganti semua kerugian warga.
“Proses evakuasi banyak menghancurkan tanaman warga. Oleh Kepala Basarnas langsung diperintahkan mengganti rugi,” akunya. Untuk kerugian materialnya kini masih dihitung. Tanaman warga yang rusak kebanyakan jenis tembakau dan kubis.
“Ada ucapan terima kasih kepada kepala desa karena sudah membantu proses evakuasi termaduk penyiapan logistik,” tukasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 70 = 79

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.