Bandara, Jalan Tol, Underpass, Pelabuhan, Kata Hendi: Semarang Makin Maju

HUT Semarang
Penerbangan balon dan merpati pada pembukaan rangkain kegiatan Hari Jadi ke-471 Kota Semarang di Balaikota (foto: metrosemarang.com/Masrukhin Abduh)

SEMARANG – Pembukaan rangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-471 Kota Semarang telah dilakukan dengan kegiatan senam SKJ dan jalan sehat bersama di Jalan Pemuda depan Balaikota Semarang, Sabtu (24/3). Selama kegiatan tersebut sepanjang Jalan Pemuda mulai depan Paragon Mall hingga Tugu Muda ditutup mulai pukul 05.30 hingga selesai.

Sementara arus lalu lintas yang melewati Jalan Pemuda dialihkan ke Jalan Imam Bonjol dan Thamrin Pembukaan berlangsung meriah dengan sekira 6.000 peserta ikut serta dalam senam SKJ dan jalan sehat. Yang terdiri dari karyawan karyawati Pemerintah Kota Semarang, guru dan pelajar hingga masyarakat umum.

Adapun jalan sehat melalui rute Jalan Pemuda-Jalan Imam Bonjol–Jalan Piere Tendean-dan finish di Balaikota yang dilanjutkan dengan pembagian banyak doorprize menarik. Berupa sepeda motor, sepeda gunung, lemari es, televisi, kipas angin, dan hadiah hiburan lainnya.

Sebelum kegiatan SKJ dan jalan sehat, juga dilakukan upacara dan diterbangkan sebanyak 471 buah balon dan 471 merpati oleh Walikota dan Wakil Walikota Semarang, Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu, Forkompinda, serta tokoh-tokoh lainnya. Balon dan merpati melambangkan kedamaian dan kesejahteraan.

Walikota Hendi, sapaannya, mengatakan ulang tahun Kota Semarang ini adalah sebagai sarana introspeksi dan evaluasi selama setahun kemarin. Menurutnya, selama setahun kemarin Kota Semarang telah mengalami kemajuan yang sangat positif.

‘’Kalau kita lihat di lapangan, menurut saya kita harus semakin optimis. Kekompakan, persatuan, dan geguyuban selama ini ternyata membuahkan hasil yang positif buat tren perkembangan kemajuan Kota Semarang, baik secara fisik maupun non fisik,’’ katanya.

Kemajuan secara fisik dapat dilihat dari jalan-jalan di Kota Semarang yang semakin bagus. Kalaupun ada yang masih kurang bagus karena wilayah Semarang yang luas tapi proses perbaikan tetap akan terus dilakukan.

Selain itu, pembangunan yang di era-era kepemimpinan Semarang sebelumnya tidak mampu dilakukan saat ini sudah dilaksanakan dengan bantuan Pemerintah Pusat. Seperti pembangunan bandara, jalan tol, underpass, pelabuhan dan lainnya.

Tidak kalah menariknya, kata Hendi, pembangunan non fisik berupa pemberdayaan manusia juga mengalami kemajuan. Keguyuban dan kekompakan telah membuahkan hasil berupa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Semarang yang meningkat.

Saat ini IPM Kota Semarang merupakan yang tertinggi dibanding daerah lain di Jawa Tengah. Bahkan juga lebih tinggi dari beberapa kota besar lainnya yang ada di Indonesia seperti Bandung dan Surabaya.

‘’Padahal dulunya di Jateng saja kita selalu kalah dari Salatiga dan Solo. Bahkan orang ngomong Ibu Kotanya Jateng itu ya Solo, tapi alhamdulillah mulai 2016 IPM Kota Semarang sudah menjadi yang terbaik di Jateng,’’ terangnya.

Hendi menegaskan, prestasi tersebut memang bukan suatu hal yang harus dibangga-banggakan. Tapi paling tidak menjadi indikator-indikator positif dari pekerjaan yang telah dilakukan pemerintah dan masyarakat selama ini. Sehingga membuat pemerintah semakin termotivasi untuk bekerja lebih bersemangat lagi.

‘’Saya pernah ditanya pada sebuah forum resmi oleh para akademisi, apa yang membuat Semarang bisa melakukan kinerja yang signifikan? Karena kita bergerak bersama, pemerintah saja (perkembanggannya) nggak akan sekenceng ini, tapi karena pengusahanya bergerak, teman-teman media terus memblowup sebuah hal positf, komponen penduduk, tokoh agama, tokoh masyarkat, akademisi bareng-bareng menjadi satu,’’ tandasnya.

Warga masyarakatnya juga merasa senang sebagai warga Kota Semarang. Mau melakukan apapun dengan ikhkas seperti kerja bhakti, menyediakan konsumsi untuk kerja bhakti, membayar PBB, dan lainnya.

‘’Kalau warganya nggak bangga dengan kota ini, pasti indikator pendapatan PBB itu turun. Tapi nyatanya sekarang ini naik terus, karena kesadarannya, kebanggannya terhadap kota ini semakin baik,’’ tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

41 − 34 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.