Balkon Bike 2019, Gowes Bareng Keliling Borobudur

Para goweser menempuh jarak sekitar 11 km melewati beberapa balkondes, antara lain start dari Balkondes Wringin Putih, kemudian melintasi Bamiharjo, Ngargogondo.

MAGELANG – Balkon Bike “Ngepit bareng Mubeng Borobudur” dalam rangka HUT Balkondes yang ke-2, Minggu (8/9/2019), diikuti hampir 3 ribu goweser dari berbagai kota di Jawa. Para peserta antusias mengikuti kegiatan ini karena tertarik dengan keindahan Kabupaten Magelang terutama di seputaran Candi Borobudur.

Balkon Bike “Ngepit bareng Mubeng Borobudur” dalam rangka HUT Balkondes yang ke-2, Minggu (8/9/2019). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Para goweser menempuh jarak sekitar 11 km melewati beberapa balkondes, antara lain start dari Balkondes Wringin Putih, kemudian melintasi Bamiharjo, Ngargogondo-Tuk Songo, Tanjungsari, Karang Rejo dan Ngaran. Mereka juga melintasi desa bahasa, Rumah Kamera dan sentra grabah Nglipoh dan melintas Taman Wisata Candi Borobudur.

Peserta yang datang selain dari Magelang ada yang berasal dari Tasikmalaya Jabar, Madura, Lamongan, Wonosobo, Salatiga, Cilacap, Yogyakarta, Ungaran, Kendal, Gunungkidul, Brebes dan lain sebagainya.

Balkon Bike dilepas oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, didampingi Direktur PT Manajemen CBT Nusantara (MCN) Jatmika Budi Santoso.

Menurut Iwan, kegiatan ini sudah sesuai dengan tujuan Disparpora untuk menggalakkan Sport Tourism. “Ini sudah sesuai dengan tujuan Disparpora yang menggalakkan sport tourism agar orang luar kota datang ke Kabupaten Magelang, yang tentunya akan berdampak positif terutama dari segi kesejahteraan,” ujarnya.

Sedangkan Direktur PT Manajeman CBT Nusantara (MCN) Jatmiko memaparkan, CBT membawahi 20 balkondes yang tersebar di seluruh desa di Kecamatan Borobudur. Event Balkon Bike mampu mendongkrak promosi wisata balkondes Borobudur dengan lomba selfie dalam Balkon Bike “Ngepit Bareng Mubeng Borobudur”.

Dalam kegiatan ini juga diadakan lomba selfi berhadiah satu buah televisi. Peserta langsung mengunggah foto selfie nya saat bersepeda di setiap balkondes yang dilalui.

“Kita asumsikan, satu peserta berfolower 20, maka dari 3 ribu peserta akan memperkenalkan balkondes Borobudur kepada 60 pengguna instagram lainnya,” kata Jatmika.

Cara ini menjadi satu promosi yang baik, karena Borobudur tidak hanya candinya saja yang menjadi daya tarik. Namun daerah lain di sekitar Candi Borobudur juga layak untuk dikunjungi, seperti di balkondes yang menyediakan aneka kuliner maupun homestay.

Ketua panitia Bagio Harsono mengatakan, dirinya tidak menyangka kalau antusias warga sangat luar biasa. Mengingat persiapan yang sangat mepet. “Tidak menyangka peserta juga banyak yang datang dari luar kota,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan dan di tahun mendatang bisa mengadakan event lebih besar dengan hadiah yang lebih menarik. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.