Badai Mangkhut Mereda, 17 Provinsi Turun Hujan Tiga Hari

Kondisi dinamis atmosfer dapat meningkatkan potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

SEMARANG- Sebanyak 17 daerah di Indonesia diguyur hujan lebat selama tiga hari menyusul mulai meredanya fenomena badai tropis Mangkhut September 2018 ini.

hujan ringan pantura
Ilustrasi hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di 17 provinsi untuk waspada terhadap potensi adanya peningkatan curah hujan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo mengatakan badai Mangkhut yang sudah meluruh beberapa hari memicu perubahan pola cuaca. Tandanya bisa dilihat dari turut melemahnya aktivitas aliran massa udara kering dari Australia dan menjauh dari Indonesia.

“Kondisi dinamis atmosfer dapat meningkatkan potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang selama tiga hari ke depan mulai hari ini 20 September sampai 22 September 2018,” katanya, dalam keterangan pers yang diperoleh metrojateng.com.

Dengan pola sirkulasi siklonik di sekitar Laut Cina Selatan, maka ada peningkatan kelembapan udara basah di lapisan atmosfer pada ketinggian sekitar 1.500 dan 3.000 meter.

Kemudian ada belokan arah angin dan perlambatan kecepatan angin pada lapisan atmosfer bagian bawah yang mengakibatkan pembentukan dan pertumbuhan awan hujan.

Ketujuh belas provinsi yang terdampak yakni Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Lalu Provinsi Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalbar, Kalteng, Kaltara dan Papua.

Untuk potensi gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter diperkirakan terjadi di Perairan Barat Mentawai, Perairan Enggano Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Aceh dan Lampung. Kemudian Selat Sunda Bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa hingga Pulau Sumbawa, Selat Bali dan Lombok Alas Bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Jawa dan NTB.

Lebih lanjut, Prabowo menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, puting beliung, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Di Kota Semarang hujan lebat sore ini mulai mengguyur sebagian kecamatan. Di Kecamatan Mijen terpantau hujan lebat terjadi sejam mulai 16.00, .

“Meski belum masuk musim hujan, tapi pengaruh badai Mangkhut yang mereda, sebagian kecamatan di Kota Semarang mulai diguyur hujan tiga hari ke depan,” kata Iis Widya Harmoko, kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Kota Semarang. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.