Awasi Verifikasi Faktual, Panwaslu Boyolali Percepat Bentuk PPL

Foto: ilustrasi
Foto: ilustrasi

BOYOLALI – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pilkada Boyolali 2015, mempercepat pembentukan petugas pengawas lapangan (PPL). Hal ini guna mengawal tahapan verifikasi faktual syarat dukungan calon independen.
Ketua Panwaslu Boyolali, Narko Nugroho, sesuai jadwal pembentukan PPL tanggal 5 Juli 2015 mendatang. Namun, tahapan verifikasi faktual syarat dukungan calon independen dilakukan 23 Juni – 6 Juli 2015. Maka, pembentukan pengawas Pilkada di tingkat desa itu akan dimajukan tanggal 27 Juni 2015.

“Sehingga bisa langsung mengawasi proses verifikasi faktual tersebut,” ujar Narko Rabu (17/6).

Percepatan pembentukan PPL, selain karena munculnya calon independen, juga atas banyak masukan berkait kegiatan verifikasi faktual. Hal ini juga untuk mengantisipasi dan meminimalisir kemungkinan terjadinya kecurangan dalam proses verifikasi.

Pasalnya, ada dugaan permainan dalam verifikasi faktual di tingkat penyelenggara teknis. Sehingga perlu dilakukan pemantauan untuk memastikan obyektifitas kegiatan verifikasi faktual dukungan calon independen.

“Banyak masukan yang kami terima terkait indikasi kemungkinan adanya permainan di tingkat bawah. Maka antisipasinya, pengawasan harus diperkuat,” kata Narko. (MJ-07)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.