Awas, Hoaks Picu Gangguan Keamanan

 

KENDAL– Menjelang pemilihan kepala daerah, biasanya bermunculan berita hoaks memuat kampanye hitam memojokkan calon kepala daerah. Dikhawatirkan, itu bisa memicu kebencian antar pendukung. Hal tersebut mengemuka dalam acara Silaturahmi Akbar dan Doa Bersama dalam di halaman Polres Kendal, Kamis (1/2) malam.

Acara tersebut digelar menjelang Pilkada Serentak tahun 2018. Tujuannya adalah untuk menciptakan proses pemilihan yang aman, damai dan kondusif. Kapolres Kendal, AKBP Adi Wijaya mengatakan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk dapat menyaring berita. Tidak terprovokasi berita hoaks, kampanye hitam dan ujaran kebencian.

‘’Isu-isu seperti itu biasa muncul di media sosial. Hal itu bisa menyebabkan gangguan keamanan,’’ katanya. Hadir dalam kegiatan itu antara lain Ketua DPRD Prapto Utono, Dandim Letkol Czi Hendro AB, Ketua Takmir Masjid Agung Kendal KH Makmun Amin, Ketua  MUI KH Asroi Tohir, dan Ketua PDM H Muslim. Doa bersama dipimpin KH Makmun Amin, sedangkan tausiah dibawakan KH Supandi dari  Semarang.

Di dalam Pemilu, kata Adi, terdapat potensi kerawanan yang bisa mempengaruhi  hasil pemilihan. Aparat keamanan, Polri bersama TNI mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan kelancaran pemilu. ‘’Saya tegaskan Polri bebas dari intervenasi pihak manapun,’’ tuturnya dihadapan ratusan tamu undangan.

Pihaknya saat ini telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi Pilgub Jateng pada 27 Juni 2018 kelak. Ia berharap, seluruh pihak dapat membantu menciptakan kedamaian. “Hendaknya masyarakat saling menghormati dan menghindari terjadinya konflik. Dengan begitu, Pilgub bisa membawa manfaat bagi Kendal,’’ harapnya.

Supandi dalam tausiahnya mengatakan, umat Islam boleh berbeda, tetapi perbedaan tersebut jangan dijadikan perpecahan. Perbedaan itu sangat indah.  ‘’Beda pendapat, beda partai itu hal yang wajar. Namun, harus bisa meredam perpecahan sehingga tidak terjadi intoleransi,’’ kata dia.

Ketua DPRD Prapto Utono, mengatakan, acara silaturahmi dan doa bersama itu sangat baik. Selain memanjatkan doa agar diberi keselamatan, juga mengajak untuk bersama-sama menciptakan suasana yang nyaman dan damai. ‘’Kegiatan ini mengajak semua pihak untuk menyukseskan pilkada yang damai,’’ jelasnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat
Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

8 + 2 =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.