Atlet Asian Games Dijanjikan Tempat di Angkatan Darat

Para atlet berprestasi tetap diwajibkan mengikuti serangkaian tes sebagai persyaratan masuk TNI AD.

MAGELANG – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono berjanji memberi tempat di kesatuannya bagi atlet yang berprestasi di gelaran Asian Games 2018.

Tim Kostrad keluar sebagai juara umum Porad 2018 di Magelang. Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Kami siap mewadahi atlet berprestasi,” kata KSAD usai menutup Pekan Olahraga Angkatan Darat (Porad) di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer Magelang, Senin (30/7).

Mulyono mengatakan, selain membina atlet dari dalam, pihaknya juga ingin mewadahi atlet nasional yang berprestasi. Kendati demikian, untuk masuk ke TNI AD mereka tetap harus mengikuti serangkaian test sebagai persyaratan.

BACA JUGA: Perdana Wisuda Taruni Akmil, Ini Pesan KSAD

Khusus untuk Porad ini, imbuhnya, memang tidak diproyeksikan ke Asian Games karena waktunya terlalu singkat. Namun, saat ini sudah ada atlet dari AD yang akan memperkuat kontingen Indonesia. “Mereka sudah masuk pelatnas dan tercatat ada 70 orang,” imbuhnya.

Disebutkan pula, anggota TNI yang nantinya mampu menyumbangkan medali dalam Asian Games ini, akan mendapatkan bonus tersendiri. “Tapi berapa jumlahnya, nanti kita hitung lagi. Yang pasti ada bonus untuk mereka,” tegas Jenderal Mulyono.

BACA JUGA: Kalahkan Porad Tanjungpura, PSIS Kini Lebih Siap Hadapi Persib

Karenanya dia berharap Porad bisa dilaksanakan secara kontinyu sebagai ajang melahirkan atlet-atlet dari TNI. Porad tahun ini diikuti oleh 18 kontingen atlet, dengan 17 cabang olahraga dan memerebutkan 173 medali emas.

Keluar sebagai juara umum tim Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) dengan perolehan medali sebanyak 22, terdiri dari  8 emas, 7 perak dan 7 perunggu.

Juara kedua dari Kodam IV Diponegroo dengan 7 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Sedangkan juara tiga Kodam VI Mulawarman dengan perolehan 6 emas, 4 perak dan 6 perunggu.

Juara umum mendapatkan hadiah sebesar Rp300 juta, juara kedua Rp200 juta dan ketiga Rp100 juta. Sedangkan juara harapan 3 mendapat Rp75 juta dari Kodam IX Udayana. Atlet peraih medali emas perorangan dan pemecah rekor baru masing-masing memperoleh Rp10 juta.

Sebelum upacara penutupan, KSAD menyaksikan langsung laga final sepak bola antara Kopassus melawan Kodam VI Mulawarman. Pertandingan ini dimenangkan tim Kopassus dengan skor 4-2. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.