Atasi Banjir Mangkang, Dinas Akan Bangun Embung di Mijen

Kita akan tampung dulu air di daerah atas baru kemudian akan kita lepas saat kondisi tidak hujan.

SEMARANG- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang berencana membuat embung besar untuk mengantisipasi potensi banjir yang sering terjadi di wilayah Mangkang,
Kecamatan Tugu. Embung akan dibangun di hulu Sungai Beringin di daerah Kecamatan Mijen.

Foto: ilustrasi embung

Kepala DPU Kota Semarang, Iswar Aminnudin mengatakan, banjir yang terjadi di wilayah Mangkang terkadang sampai melimpas dan menggenangi jalur pantura Semarang-Kendal.
Sehingga pembangunan embung ini dinilai sangat penting.

“Akan kita bikin satu embung yang volumenya lumayan besar. Kita akan tampung dulu air di daerah atas baru kemudian akan kita lepas saat kondisi tidak hujan,” kata Iswar, Selasa (6/11/2018).

Menurutnya, selain akan membangun embung, pihaknya juga sudah mengajukan program normalisasi Sungai Beringin ke Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Minimal bisa dilakukan pengerukan sedimentasi sungai.

“Kalau saluran lama tidak bisa dilakukan normalisasi, ada upaya lain juga yaitu membangun saluran baru atau membangun folder-folder di beberapa titik di sekitar Sungai Beringin,” jelasnya.

Harapannya, kegiatan normalisasi atau perbaikan saluran sungai yang diajukan tersebut sudah bisa dilaksanakan mulai tahun depan. Karena diakui saat ini pengajuan dana untuk kegiatan tersebut belum mendapat persetujuan pemerintah pusat.

Iswar menegaskan, bahwa banjir di Sungai Beringin yang meluap hingga menggenangi jalur pantura dan permukiman warga di sekitarnya, akibat perubahan fungsi lahan di daerah atas. Misalnya wilayah Kecamatan Mijen dan sekitarnya.

“Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya banjir, volume dan kapasitas saluran di bawahnya harus ditambah menyesuaikan penambahan volume perubahan lahan. Solusinya dengan pembuatan embung,” tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.