Asupan Gizi Kunci Anak Bisa Tumbuh Bahagia

Kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal.

SEMARANG – Perasaan selalu bahagia pada anak dalam proses tumbuh kembang menjadi investasi untuk masa depannya. Untuk mencapai itu asupan gizi juga menjadi kunci penting bagi mereka.

Para pembicara sedang berbagi pengalaman terkait kebahagiaan anak dalam workshop “Grow Happy Parenting : Happy from the Inside Out” yang digelar Nestle Lactogrow di Valley Pizza Resto Semarang, Rabu (14/8/2019). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Hal itu didiskusikan pada workshop “Grow Happy Parenting : Happy from the Inside Out” yang digelar Nestle Lactogrow di Valley Pizza Resto Semarang, Rabu (14/8/2019).

Dokter Spesialis Anak, Dr dokter Ariani Dewi Widodo SpA(K) mengatakan, bahagia itu tidak hanya dilihat dari senyum, tapi juga gerak tubuh dan tingkah laku. Untuk merangsang perasaan bahagia pada anak, juga diperlukan kecukupan gizi.

“Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan pencernaan anak dalam kondisi sehat. Sebab, kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal,” tuturnya.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi anak harus bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nutrisi dapat terserap dengan lebih baik.

Ariani menuturkan, di antara sekian banyak probiotik, Lactobacillus reuteri merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh. “Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe dan yogurt. Melalui investasi stimulasi yang baik ini akan berdampak pada masa depan anak baik pendidikan ataupun karirnya,” imbuhnya.

Tidak hanya memastikan asupan nutrisi, orang tua juga perlu memperhatikan kematangan emosi anak.

Psikolog, Elizabeth Santosa MPsi Psi SFP ACC mengatakan, perasaan bahagia akan menjadi magnet bagi segala hal seperti mendapat banyak teman, pendidikan yang baik, ataupun karir yang cerah. Untuk membentuk itu, kematangan emosi anak juga penting.

“Kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempratekkan perilaku positif, misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur.

“Anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi sosok optimis, berempati tinggi, dan lebih bahagia,” katanya.

Sementara, Brand Executive Nestle Lactogrow, Pramudita Sarastri menyampaikan, melalui kegiatan tersebut pihaknya ingin mengajak orang tua di Indonesia untuk lebih memperhatikan tumbuh kembang anak mulai dari memenuhi kebutuhan gizi hingga mengembangkan kematangan emosi anak.

“Hal ini bisa kita mulai dari pendekatan psikologis hingga cara menjaga kesehatan saluran cerna agar orang tua dapat mendukung anak tumbuh bahagia,” katanya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.