Asosiasi Maritim Perkuat Koordinasi Benahi Pelabuhan Tanjung Emas

Harus ada kebersamaan untuk bisa membangun kawasan sekitar pesisir kota Semarang, khususnya Pelabuhan Tanjung Emas menjadi kawasan yang jauh lebih menarik lagi.

SEMARANG – Sejumlah asosiasi maritim memperkuat koordinasi untuk membenahi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Mereka yang tergabung dalam Forum Komunikasi Asosiasi Maritim (FKAM) Tanjung Emas Semarang itu juga bekerja sama dengan KSOP dan Pemkot Semarang.

Asosiasi Maritim Pelabuhan Tanjung Emas Semarang memberikan santunan kepada panti asuhan di sela acara halal bihalal yang dihadiri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Hotel Patra Jasa Semarang, Selasa (25/6/2019). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Ada beberapa rencana yang segera ditindaklanjuti untuk membuat lingkungan pelabuhan menjadi lebih baik.

“Pelabuhan Tanjung Emas sesuai perkembangan zaman terus bergerak maju. Namun, hingga sekarang masih menemui beberapa kendala seperti air rob, endapan lumpur, dan penurunan tanah di Semarang setiap tahun 12cm,” ungkap Wakil Ketua FKAM Tanjung Emas Semarang, Ari Wibowo¬† di sela acara Halal Bihalal Asosiasi Maritim Pelabuhan Tanjung Emas di Hotel Patra Jasa Semarang, Selasa (25/6/2019).

Maka, lanjut dia, pekerjaan ini harus dikerjakan bersama-sama supaya lebih ringan dan ke depan pelabuhan menjadi ‘the real’ Emas-nya Semarang dan Jawa Tengah.

Adapun, ada sembilan asosiasi yang tergabung di antaranya ALFI, INSA, Organda, Aptrindo, Ginsi, GPEI, Asdeki, APBMI, dan Koperasi TKBM.

Hadir pada acara halal bihalal tersebut, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyampaikan, Tanjung Emas semakin hari semakin baik.

“Hal ini menunjukkan Pemerintah serius berbenah, KSOP nya berbenah, membuat teman-teman pengusaha di wilayah maritim menggeliat,” kata Hendrar Prihadi.

“Kami sedang membangun dua tahun anggaran dari tahun 2018 sampai tahun 2019 nanti selesai, yang tadinya Terminal Terboyo akan kami bangun atau ubah menjadi pangkalan truk,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut dia, harus ada kebersamaan untuk bisa membangun kawasan sekitar pesisir kota Semarang, khususnya Pelabuhan Tanjung Emas menjadi kawasan yang jauh lebih menarik lagi. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.