Asiknya Jelajah Wisata Naik Bathara Kresna

image

CITRA Kota Solo sebagai kota wisata semakin lengkap dengan diresmikannya Railbus Bathara Kresna, 11 Maret lalu, oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Railbus yang dibeli dari PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun, semasa kepemimpinan Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) ini melayani perjalanan wisata menyusuri jalur rel di Jalan Slamet Riyadi, Solo, hingga Sukoharjo dan Wonogiri.

Yang lebih menarik, Bathara Kresna bakal menyinggahi sejumlah stasiun tua dan bersejarah yang saat ini tak digunakan lagi, seperti Stasiun Solo Kota, Nguter dan Wonogiri.

Perjalanan wisata dari Solo ke Wonogiri akan menempuh jarak 37 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 45 menit. Meski memakan waktu cukup lama, namun wisatawan dijamin bakal puas menikmati pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan.

Namun sayang, karena hanya satu unit saja, Railbus berkapasitas 117 penumpang ini hanya beroperasi 2 trip Pulang Pergi (PP). Trip pertama pukul 06.00, kedua pukul 10.00 WIB, dari Stasiun Purwosari Solo. Jangan khawatirkan harga tiketnya, karena sekali perjalanan wisatawan cukup membayar Rp 4 ribu saja.

image

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajat mengatakan, sejak diresmikan hingga saat ini, antusiasme masyarakat yang ingin menjajal berwisata dengan Bathara Kresna cukup tinggi. Bahkan, Railbus tak hanya digunakan untuk wisata saja, namun juga sebagai kereta commuter.

“Ada yg naik Bathara Kresna untuk berangkat kerja, dari Solo ke Sukoharjo atau ke Wonogiri,” akunya.

Meski antusiasme masyarakat tinggi, namun Dishubkominfo Solo belum berniat menambah jumlah trip wisata Bathara Kresna. “Kami cuma punya satu, tidak ada cadangannya. Kalau tripnya ditambah, riskan,” katanya.

Sementara itu seorang warga, Jatmiko (34), mengaku sangat menikmati saat menaiki Railbus, bahkan ia menilai bisa mengenal beberapa stasiun bersejarah yang ada di Indonesia.
“Walaupun perjalanannya lama tapi asik, setahu saja Solo-Wonogiri tak lebih dari 1 jam, namun lamanya perjalanan tak terasa ketika melihat rumah-rumah warga dan persawahan yang masih hijau,” akunya.

Jika Anda penasaran ingin menaiki railbus ini, Anda dapat membeli tiket di sejumlah stasiun yang dilalui, seperti Stasiun Purwosari. Disarankan agar membeli tiket saat hari biasa agar tak berdesakan dengan wisatawan lainnya. (Teks dan foto : Raditya Erwiyanto)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

9 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.