Arus Sungai Mendadak Deras, Seorang Penambang Pasir Terseret Banjir Kali Kutho

Kondisi arus Kali Kutho saat pencarian penambang pasir yang hilang (17/02). Foto: Metro Jateng/MJ-01
Kondisi arus Kali Kutho saat pencarian penambang pasir yang hilang (17/02). Foto: Metro Jateng/MJ-01

BATANG – Seorang penambang pasir di perbatasan Kendal Batang, terseret banjir Kali Kutho, Selasa (17/02) siang. Korban yang sedang mencari batu dan pasir di tengah sungai terbawa arus sungai yang tiba-tiba deras karena hujan di wilayah atas.

Upaya pencarian korban terkendala arus sungai yang deras dan hujan lebat, sehingga sampai Selasa sore ini jenazah korban belum ditemukan. Derasnya arus Kali Kutho di Dusun Sulang, Desa Mentosari, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, menyulitkan upaya evakuasi jenasah Toheri (43), warga Desa Mentosari, RT 1 RW 1, Kecamatan Gringsing, Batang.

Tim SAR dari Kabupaten Batang, Basarnas Semarang, anggota TNI dan warga sekitar hanya menyisir sungai untuk mencari jasad penambang pasir yang terseret banjir Kali Kutho. Menurut  warga, korban bersama dua penambang pasir lainnya seperti biasa mencari batu dan pasir di tengah sungai. Saat ketiga penambang di tengah sungai, kondisi arus sungai tidak deras dan belum tinggi. Namun, ketika ketiganya menambang pasir dan batu, tiba-tiba air sungai tinggi dan deras, sehingga ketiganya sempat terseret derasnya arus sungai.

Dua penambang berhasil menyelamatkan diri dan menepi ke pinggir sungai, sedangkan korban yang terseret derasnya arus sungai tidak bisa menyelamatkan diri akhirnya hanyut dan tenggelam.

“Airnya tiba-tiba datang, ketiga penambang tidak bisa menyelamatkan diri. Beruntung dua orang berhasil menepi, namun Toheri terbawa arus dan hilang,” kata Amiril, warga sekitar.

Sementara itu, Danramil Gringsing, Kapten Inf Bardi mengatakan, upaya pencarian mengalami kendala karena derasnya arus sungai. “Pencarian dilakukan oleh warga, anggota TNI dan tim SAR dari Batang dan Basarnas Semarang, (namun) hasilnya masih belum menemukan korban karena arus cukup deras,” ujarnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

81 − = 78

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.