Arus Mudik Natal, Gerbang Tol Weleri Padat Kendaraan

Sepanjang ruas tol Batang-Semarang hanya pintu tol Weleri yang dioperasionalkan

KENDAL – Arus kendaraan yang melaju di Tol Batang-Semarang padat di Gerbang Tol Weleri, Jumat (21/12/2018) siang. Puncak arus mudik libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan terjadi pada Sabtu (22/12) besok.

Kepadatan di Gerbang Tol Weleri, Jumat (21/12/2018). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Kasat Lantas Polres Kendal AKP Edi Sutrisno mengatakan, pantuan arus lalu lintas di jalan tol Batang-Semarang mulai padat. Petugas yang berpatroli sepanjang jalan tol harus mengingatkan truk yang berhenti di bahu jalan untuk meneruskan perjalanan atau berhenti di lokasi yang lebih aman.

“Puncak arus mudik libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan terjadi pada 22 Desember. Sepanjang ruas tol Batang-Semarang hanya pintu tol Weleri yang dioperasionalkan sedangkan dua pintu lainnya yakni pintu tol Kendal dan Kaliwungu belum difungsikan,” jelasnya.

Pantauan di pintu masuk tol Weleri sejumlah kendaraan pribadi dan truk antre untuk masuk dan keluar. Pasalnya dari empat gerbang tol hanya tiga yang berfungsi. 

Tidak hanya di Gerbang Tol Weleri, kepadatan juga terlihat di rest area km 391. Meski rest area belum seluruhnya jadi namun banyak kendaraan yang berhenti untuk sekadar beristirahat.

Sementara, sejumlah sopir truk mengaku lebih cepat melintas di jalan tol yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi tersebut. Selain jalan mulus dan tidak ada hambatan, jarak tempuh dari Pemalang hingga Weleri yang biasanya tiga jam bisa dipangkas menjadi kurang dari satu jam.

Namun demikian sopir truk berharap tarif tol tidak terlalu mahal. “Kalau bisa bayarnya jangan mahal-mahal. Jika tarif terjangkau kendaraan berat lebih memilih lewat tol karena bisa menghemat waktu dan jarak tempuh,” ujar Albert sopir truk tronton yang keluar di pintu Tol Weleri. (MJ-01)

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.