Arus Mudik di Pelabuhan Tanjung Emas Diprediksi Naik 15 Persen

Pada mudik tahun ini, Pelabuhan Tanjung Emas akan mengoperasikan sebanyak 17 kapal dan tiga di antaranya untuk program mudik gratis yang mencapai 12.000 orang.

SEMARANG – Arus mudik melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Lebaran 2019 ini diprediksi meningkat antara 10% hingga 15%. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otorisasi Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid mengatakan, peningkatan tersebut seiring dengan banyaknya minat masyarakat yang menggunakan moda transportasi laut untuk perjalanan mudik.

Pemudik tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Selasa (5/6/2018). Jumlah pemudik yang melalui Pelabuhan Tanjung Emas pada Lebaran 2019 diperkirakan meningkat hingga 15 persen. Foto: metrojateng.com/dok

“Tahun ini kami perkirakan ada peningkatan penumpang berkisar 10%- 15% dari jumlah penumpang tahun lalu sebanyak 78.000,” ungkapnya, Selasa (14/5/2019).

Adapun pada mudik tahun ini, Pelabuhan Tanjung Emas akan mengoperasikan sebanyak 17 kapal dan tiga di antaranya untuk program mudik gratis yang mencapai 12.000 orang.

“Khusus mudik gratis, kapal-kapal tersebut akan mulai beroperasi pada tanggal 30 Mei 2019. Semua penumpangnya yaitu pemudik dari Jakarta ke Semarang,” tuturnya.

Sementara itu, kepadatan arus mudik akan mulai terasa sejak H-10 Lebaran.

“Persiapan sudah koordinasi dengan berbagai stakeholder, dan menteri perhubungan juga sudah melakukan pengecekan dan sudah siap,” tandasnya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.