Arus Balik, Pelabuhan Tanjung Emas Mulai Padat

SEMARANG – Minat masyarakat menggunakan kapal laut pada arus balik tahun ini terbilang tinggi. Terlebih lagi, Kementrian Perhubungan juga menyediakan kapal untuk mengakomodir pemudik motor tujuan Jakarta.

Pemudik di Pelabuhan Tanjung Emas. Foto: efendi

Assisten manager terminal Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Yolla Imareta Santosa mengatakan jika pada Senin (18/6), sebanyak 1.006 pemudik diangkut menggubakan kapal motor (km) Dobonsolo tujuan Jakarta. Sementara pada Selasa (19/6) pagi, ada dua kapal yakni Sabuk Nusantara 95 dan 85 mengangkut 210 penumpang dan 400 penumpang.

“Kami memprediksi, puncak arus balik gratis menggunakan motor akan terjadi pada Jumat (22/6) mendatang. Hal ini dikarenakan, para pemudik akan mulai aktif bekerja mulai Senin (25/6) mendatang. Total sudah ada sekitar 5.490 pemudik dengan sekitar 2.700 kendaraan bermotor yang juga akan diangkut,” ungkapnya, Rabu (20/6).

Sementara untuk penumpang tujuan luar pulau Jawa, sudah mulai terjadi pada H+3 atau Senin (18/6). Sebanyak 1.003 penumpang diberangkatkan dari Semarang tujuan Batu Licin.

Khusus untuk arus balik penumpang reguler tujuan luar Jawa ini, diprediksi akan terjadi pada H+7 atau Senin (25/6) mendatang. Mayoritas dari pemudik balik ini bekerja sebagai karyawan sawit dan tambang di Sumatera ataupun Kalimantan. Total akan ada sebanyak 3.500 penumpang yang diberangkatkan dengan tiga kapal tujuannya Pontianak, Kumai dan Sampit. (ade)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 5 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.