APK Bergambar Ketum Parpol Mulai Dipereteli

kampanye pilkada jateng
Ilustrasi

SEMARANG – Sejumlah alat peraga kampanye (APK) bergambar presiden, wakil presiden, tokoh-tokoh pendiri bangsa termasuk ketua umum parpol peserta Pemilu 2019 yang terpasang di 35 kabupaten/kota, mulai ditertibkan.

Menurut Koordinator Divisi Penindakan dan Penyelesaian Sengketa, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah Sri Wahyu Ananingsih, penertiban dilakukan sesuai aturan yang diberlakukan KPU dalam Pasal 29 ayat (3) Peraturan KPU Nomor 4 tahun 2017.

Aturan undang-undang tersebut mengatur tentang Kampanye Pemilihan Kepala Daerah bahwa desain dan materi APK dilarang mencantumkan foto atau nama Presiden, Wapres, serta pihak lain yang bukan pengurus parpol tersebut.

“Pemasangan APK tidak boleh menyertakan foto presiden, wapres dan pihak-pihak lain termasuk pimpinan parpol. Terkait APK untuk momentum Pemilu 2019, yang boleh dilakukan peserta pemilu hanya melakukan sosialisasi secara internal saja. Yang dimunculkan hanya bendera parpolnya. Sebab itu sesuai aturan baru yang diterbitkan KPU,” ungkapnya, Kamis (1/3).

Ia mengatakan penindakan APK bergambar ketum parpol sudah dilakukan secara bertahap di 35 kabupaten/kota. Bawaslu sudah mengeluarkan rekomendasi dan sepakat dengan KPU, Panwaslu dan Pemda setempat untuk mencopot APK yang melanggar aturan.

Namun, ia menyayangkan bahwa di Kota Semarang justru tidak ada sama sekali terhadap penindakan pelanggaran APK. “Pengalaman saya ketika kerja di Kota Semarang, Panwaslu setempat tidak ada inisiatif sama sekali untuk menertibkan APK. Di banding daerah lainnya, Semarang tidak ada penertiban sama sekali,” bebernya.

Pantauan metrosemarang.com, APK bergambar Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum PKB Muhaimin Iskandar bahkan masih bertengger di sejumlah ruas jalan raya. Di Jalan Siliwangi masih dapat ditemui baliho besar bergambar Ketum PPP M Romahurmurziy.

“Citra diri ini kan parpol. Nah ini ditafsirkan nama parpol serta profil ketua umum parpol. Maka itu tidak boleh, karena ada unsur kampanye, ” katanya. Sesuai aturan, jadwal kampanye Parpol peserta Pemilu 2019 baru dimulai 23 September 2018. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 2 = 4

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.