Antisipasi Bencana, Polres Sukoharjo Gelar Pelatihan di Waduk Mulur

SUKOHARJO – Polres Sukoharjo menggelar simulasi evakuasi bencana di Waduk Mulur. Latihan penanggulangan bencana dilaksanakan selama tiga hari, 5-7 Desember 2018.

Simulasi penanggulangan bencana di Waduk Mulur Sukoharjo. Foto: metrojateng.com

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, kegiatan tersebut juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), SAR, Satpol PP, Kodim 0726/Sukoharjo dan organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Menurutnya, latihan ini dalam rangka mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan petugas untuk penanggulangan bencana di darat maupun di air. “Materi pelatihannya ada tiga; penanggulangan banjir, kebakaran dan pertolongan pertama pada gawat darurat,” papar Iwan Saktiadi, Jumat (7/12/2018).

Kapolres berharap materi yang diberikan mampu membekali peserta saat berhadapan dengan situasi darurat, mengingat saat ini sudah masuk musim penghujan. Mereka juga harus bisa menggunakan perlengkapan SAR, seperti perahu karet, peralatan selam dan alat pemadam kebakaran. 

“Apabila dihadapkan pada situasi-situasi emergency, alat-alat ini bisa optimal untuk membantu dalam memberikan pertolongan pertama pada korban baik kejadian di air maupun di darat,” imbuh Kapolres.(MJ-28)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.