Anggota Dewan Anyel Banjir Sayung Dua Bulan Tak Tertangani

Sejumlah anggota Komisi D DPRD Provinsi Jateng meninjau Sungai Dombo Sayung.
?

DEMAK – Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah geregetan saat meninjau langsung kondisi banjir di Desa Sayung Kabupaten Demak. Sela dua bulan ini, air masih menggenangi pemukiman warga.

Ida Nur Saadah, anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah mengatakan bahwa pihaknya kerap menerima keluhan dari warga berkait banjir yang seeing melanda wilayahnya. 

“Kami datang ke lokasi untuk melihat secara langsung kondisi banjir,” katanya, Kamis (2/3/2017)

Menurutnya, keluhan warga lantaran selama ini, belum ada penanganan serius dari pihak-pihak yang berkompeten. Sehingga, banjir menjadi problem utama bagi warga.

“Kewenangan kami hanya menfasilitasi pertemuan beberapa pihak seperti desa, BBWS, dan pemerintah daerah guna penyelesaian persoalan banjir ini. Karena, sudah diturunkan alat berat untuk normalisasi sungai, tapi malah mangkrak,” lanjutnya.

Kepala Desa Sayung, Munawir, mengaku sudah berupaya berkoordinasi dengan berbagai pihak, namun belum ada penanganan serius, terutama BBWS. Hal tersebut membuat warga setempat semakin resah.

“Bayangkan, Sungai Dombo sudah tiga kali meluap dan selama dua bulan lebih air banjir belum pernah surut. Kasihan warga,” paparnya.

Akibat banjir, Munawir menjelaskan, banyak warga yang gagal menikmati panen karena lahan pertanian terendam air. Banjir juga membuat sejumlah warga terserang penyakit seperti demam dan gatal-gatal.

“Sejumlah warga ada yang mengalami drop. Mereka makan nasi aking,” tutur dia.

Sementara, Mujari Kasi Operasional BBWS Pamali Juana menyampaikan bahwa normalisasi sungai dapat dilaksanakan jika ada kerjasama dengan pemkab setempat.

“Untuk sungai tanggungjawab BBWS, tapi penertiban bangunan yang ada di sekitar sungai tanggungjawab pemkab,” tandasnya.(MJ-23)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

43 + = 51

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.