Amblas, Jalur Batang Temanggung Putus

masyarakat berkerumun di lokasi kejadian  untuk  melihat jembatan yang ambles karena diterjang derasnya banjir sungai.
?

BATANG – Akibat diterjang derasnya arus sungai, jembatan Kali Arus di Desa Pangempon Kecamatan Bawang Kabupaten Batang amblas Jumat (25/11) sore. Akses lalu lintas jalan alternatif Batang-Temanggung terputus karena tidak bisa dilalui kendaraan.

Menurut saksi mata,  sebelum kejadian  hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Bawang. Lalu warga sekitar jembatan mendengar suara gemuruh,   bebatuan sungai banyak yang bergerak terbawa derasnya arus sungai sehingga jembatan bergerak dan ambles.

Beruntung saat jembatan amblas, tidak ada kendaraan yang melintas sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Akses jalur alternatif Batang-Temanggung-pun terputus warga yang hendak ke arah timur terpaksa memutar arah menggunakan jalur pantura.

“Hujannya sejak siang sampai sore, lalu arus sungai deras dan terdengar bunyi gemuruh,” ujar Supono warga sekitar.

Talud jembatan Kaliarus ambrol dan jembatan amblas sekitar 25 centimeter hingga 30 centimeter. Camat Bawang, Dwi Riyanto menyebutkan amblesnya jembatan akibat hujan deras yang terjadi di wilayah bawang. “Kondisi aliran sungai kaliarus sangat deras sehingga menerjang jembatan kaliarus ini hingga ambles dan putus,” jelasnya.

Sementara itu Kapolsek Bawang AKP Goemana  menghimbau,  pengguna jalan dan masyarakat sekitar untuk tidak mendekati jembatan kaliarus sebab kondisinya sangat rawan. “Untuk sementara tidak bisa dilalui,” kata Kapolsek.

Akses lalu lintas sementara  yang hendak menuju ke arah barat maupun sebaliknya ke arah timur, disarankan untuk melalui jalur lain yakni melalui kecamatan Tersono. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya memasang garis pembatas dan meminta masyarakat  tidak mendekat sebab kondisinya masih rawan. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

86 + = 95

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.