Alang-alang Terbakar Nyaris Hanguskan Gudang PT Tossa

Petugas pemadam kebakaran kesulitan mendapatkan pasokan air pasalnya hydrant di sekitar pabrik tidak berfungsi.

KENDAL – Tumpukan ban bekas di gudang milik PT Tossa Shakti di Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu Kendal terbakar, Jumat (13/9/2019) petang. Sumber api diduga berasal dari kebakaran alang-alang hingga merembet ke area gudang.

Kebakaran ban bekas di area pabrik PT Tossa, Jumat (13/9/2019). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Asap hitam pekat membumbung dari tumpukan ban bekas di dekat gudang PT Tossa Shakti yang terbakar. Api cepat membakar dan membesar karena hembusan angin dan banyaknya material yang mudah terbakar.

Tumpukan ban ini terbakar diduga akibat api yang membakar alang-alang di sekitar gudang merambat. Kusni, petugas keamanan pabrik mengatakan, dirinya melihat kepulan asap hitam di sekitar gudang. 

“Tidak tahu penyebabnya dari mana, tapi bisa jadi dari pembakaran alang-alang dan merambat ke tumpukan ban,” jelas Kusni.

Petugas pemadam kebakaran kesulitan mendapatkan pasokan air pasalnya hydrant di sekitar pabrik tidak berfungsi. Kasi Dalops Satpol PP dan Damkar Kendal, Saeful Huda mengatakan dugaan sementara api yang membakar tumpukan ban ini dari kebakaran alang-alang di sekitar pabrik.

“Kami sudah berulang kali mengingatkan jika membakar alang-alang atau rumput di musim kemarau diawasi karena mudah merambat,” jelasnya.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Satpol PP dan Damkar Kendal serta bantuan dari PT Asia Pasific Fiber dikerahkan untuk memadamkan kobaran api yang membakar tumpukan ban. Polisi masih memeriksa sejumlah saksi untuk mengetahui pasti penyebab kebakaran. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.