Akses Putus, Ini Jalan Alternatif Karimunjawa

jalur karimunjawa
Pembuatan jalur alternatif di Karimunjawa pasca-terputusnya jalan utama akibat tergerus hujan. (foto: metrojateng.com/MJ-23)

 

JEPARA – Alat berat diterjunkan untuk membangun jalan alternatif penghubung Desa Karimunjawa menuju Desa Kemojan, Kepulauan Karimunjawa, Jepara. Pembuatan akses jalan sementara tersebut ditargetkan selesai dalam dua hari.

Jalan utama penghubung dua desa tersebut terputus setelah pondasi jalan di Dukuh Nyamplungan RT 01 RW 05 Desa Karimunjawa, longsor akibat hujan deras. Sehingga badan jalan ambles lebih dari dua meter dan melintang jalan.

Camat Karimunjawa, Saptwagus Karnan Ejeng menuturkan bahwa untuk membuka jalan alternatif dibutuhkan alat berat. Selain memperpadat tanah, juga membuka jalur yang tertutup pepohonan.

“Kami langsung membangun jalan alternatif setelah terjadi longsor, karena akses jalan Desa Karimunjawa menuju kemojan terputus,” ujarnya, Kamis (29/3). Jalan alternatif tersebut membentuk setengaj lingkaran sekira sepanjang 30 meter. Diupayakan, jalan tersebut dapat dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Targetnya dua hari selesai. Dan jalan alternatif yang sifatnya sementara itu nantinya juga dapat dilintasi kendaraan roda empat, selain roda dua,” lanjutnya.

 

Baca Juga: Jalan Utama Karimunjawa Terputus

Selama pembangunan jalan alternatif berlangsung, lubang longsor di jalan diberi kayu untuk melintas pengguna jalan, terutama sepeda motor. Sebagian lagi ditutup dengan drum. “Untuk sepeda motor masih bisa melintas karena di atas longsor kami beri papan. Tapi ini sementara, sambil menunggu tindakan dari DPU PPE,” tandasnya. (MJ-23)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

72 − 66 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.