Akhir Tahun, Mesin Cuci dan AC Laris

AC sudah jadi kebutuhan primer di Kota Semarang yang berudara panas dan lembab.

SEMARANG- Permintaan elektronik khususnya mesin cuci dan air conditioner (AC) meningkat pada akhir tahun. Diprediksi ada kenaikan penjualan sampai 30 persen.

Pengunjung sedang memilih produk elektronik pada pameran Modern Electronic di Java Mal Semarang, Jumat (21/12/2018). Foto: metrojateng.com/Anggun Puspita

Marketing Modern Electronic Semarang, Indrawati mengatakan, momen akhir tahun selalu dimanfaatkan masyarakat atau konsumen untuk berbelanja elektronik. Mereka tidak hanya belanja karena kebutuhan, tapi juga mencari promo pembelian.

“Produk yang paling diminati dan menyumbang penjualan terbesar adalah mesin cuci dan AC,” ungkapnya di sela pameran elektronik di Java Mal Semarang, Jumat (21/12/2018).

Kontribusi AC terhadap total penjualan mencapai 30 persen dan mesin cuci 25 persen. Kemudian disusul elektronik lainnya seperti televisi serta lainnya.

Indrawati menuturkan, permintaan masyarakat terhadap dua elektronik tersebut di akhir tahun karena bertepatan dengan musim hujan, sehingga mereka membeli mesin cuci untuk mencuci sekaligus mengeringkan pakaian.

Sedangkan, AC karena sekarang elektronik tersebut tidak hanya menjadi gaya hidup tapi kebutuhan primer mengingat cuaca di Semarang panas.

Pada pameran yang diikuti 12 vendor elektronik tersebut, Modern Electronic menargetkan penjualan bisa naik hingga 60 persen dibandingkan penjualan di luar pameran.

“Maka itu, untuk mendongkrak penjualan kami tawarkan promo menarik mulai diskon, hadiah langsung, cicilan nol persen, dan cuci gudang,” katanya.

Sejumlah vendor juga memamerkan produk unggulan. Seperti Daikin yang menawarkan AC Multi Ice dengan keunggulan satu outdoor bisa untuk tiga unit indoor sehingga lebih hemat listrik. Disamping itu, juga ada produk AC residensial dan air purifier.

“Kami targetkan bisa menjual 500 unit AC residensial, 20 unit AC Multi Ice dan 15 unit air purifier selama pameran,” kata Sales Officer Daikin, Lidia Yuniar.

Sedangkan, Sharp membawa produk yang diminati konsumen di antaranya AC dan mesin cuci.

“Dua produk ini paling diminati konsumen tahun ini. Ada kenaikan penjualan hingga 20 persen. Sehingga pada pameran ini kami targetkan penjualan bisa mencapai Rp 1,5 miliar,” kata Sales Marketing Sharp, Didit Murtopo. (ang)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.