Akan Ada Kampung Siaga Covid 19 Diseluruh Kendal

Kampung Covid-19 : Peresmian kampung siaga covid 19 Desa Purwokerto Brangsong dilakukan Bupati Kendal Mirna Annisa bersama Kapolres Kendal AKB Ali Wardana dan Dandim 0715 Letkol Ginda Muhamad Ginanjar. Foto: alif harfidz/metrojateng.com

KENDAL –  Tidak lama lagi, seluruh desa di Kabupaten Kendal akan didirikan kampung siaga covid 19. Hingga kini sudah ada 25 desa yang mendirikan kampung siaga covid 19, dan menyusul ratusan desa lainnya.

 

Pencegahan virus covid 19 membutuhkan peran serta masyarakat, oleh karenanya diperlukan kesadaran untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus korona ini. Salah satu langkah yang dilakukan adalah mendirikan kampung siaga covid 19, yang nantinya mendorong masyarakat untuk peduli dan bergotong royong mencegah penyebaran covid di desanya masing-masing.

 

Desa Purwokerto Kecamatan Brangsong Kendal sudah melaksanakan pembatasan berskala lokal. Pihak desa melakukan pembatasan aktivitas warga luar wilayahnya sebagai upaya pencegahan penularan dan penyebaran virus corona ini. Kepala Desa Purwokerto Prastyo mengatakan, selama tujuh hari desanya menutup bagi pendatang atau tamu dari luar daerah. “Tidak hanya itu warga sudah diwajibkan menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumahjelasnya.

 

Sementara itu peresmian kampung siaga covid 19 di Desa Purwokerto dilakukan Bupati Kendal Mirna Annisa bersama Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana dan Dandim 0715 Letkol Ginda Muhamad Ginanjar. Peresmian ditandai dengan pembentangan spanduk kampung siaga covid 19 di tengah jalan desa.

 

Bupati Kendal mengatakan, pemeritah kabupaten Kendal sudah merencanakan seluruh desa di Kendal akan didirikan kampung  siaga  covid 19. “Harapanya dengan kampung siaga covid ini akan   menumbuhkan kesadaran masyarakat Kendal, agar  membiasakan hidup sehat dengan  tidak  meninggalkan protokol kesehatan penularan covid 19,” jelas bupati.

 

Sedangkan Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana berharap dengan kampung siaga covid 19 ini kesadaran masyarakat akan meningkat terutama protokol kesehatan. “Dengan demikian penyebaran virus covid 19 bisa dikurangi sekaligus persiapan menuju kebiasaan baru yang akan dijalankan,” ujar Ali Wardana.

 

Dikatakan penyebaran covid 19 tidak bisa dilakukan secara orang perorang tetapi  dibutuhkan sinergi antara masyarakat dengan pemerintah serta pihak lainnya. Selain peresmian kampung siaga covid, bupati dan kapolres memberikan bantuan alat pelindung diri serta bantuan sembako kepada warga yang terdampak penyebaran virus covid 19.

 

Kampung siaga covid 19 Desa Purwokerto juga menyiapkan tempat untuk rapid tes dan ruang isolasi bagi warga yang terindikasi covid 19. (alf)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.