Airnav Imbau Pilot Waspadai Bahaya Erupsi Merapi

SEMARANG – Para pilot maskapai penerbangan untuk rute Semarang menuju berbagai daerah diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap semburan debu vulkanik akibat erupsi Gunung Merapi.

Ilustrasi. Aktivitas penerbangan belum terganggu erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Jumat (11/5) pagi tadi. Foto: metrojateng.com/dok

Kelik Widjanarko, Manager Operasional, Airnav Cabang Semarang mengatakan sudah mengeluarkan surat imbauan untuk para pilot yang menerbangkamln pesawat dari maupun menuju Semarang sudah dikeluarkan sejak pagi tadi.

“Sudah kami terbitkan astam yang berisi informasi imbauan bagi para pilot agar waspada terhadap dampa debu vulkanik Merapi yang berada di udara,” kara Kelik, Jumat (11/5).

Ia mengungkapkan imbauan itu jadi salah satu prosedur bila ada letusan gunung berapi yang berpotensi mengganggu aktivitas penerbangan.

Kendati demikian, ia mengklaim sejauh ini belum ada laporan pilot terkait gangguan debu vulkanik Merapi.

Jalur penerbangan Semarang menuju Solo maupun Yogyakarta masih normal. Aktivitas kegempaan Gunung Merapi masih ia pantau terus-menerus guna memastikan keamanan penerbangan.

Sementara itu, Dian PS, General Manager and Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional hmad Yani, menyatakan belum ada satupun penerbangan yang dialihkan ke Semarang.

Ia memastikan sejauh ini erupsi Gunung Merapi baru berdampak terhadap operasional Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta.

“Semarang masih aman, tapi belum ada pengalihan. Cuma Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta ditutup sementara 30 menit dan diperpanjang sampai pukul 11.40 WIB. Informasi selanjutnya akan terus diperbaharui, Mas,” tegasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

4 + 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.