Air Terjun Kedung Pengilon, Niagara Mini di Kendal

kedung pengilon kendal
Air terjun di bawah jembatan tua Kedung Pengilon disebut miniatur air terjun Niagara di Amerika. (Foto: metrojateng.com/edi prayitno)

SUKA dengan suasana alam yang masih asli. Coba berkunjung ke Kedung Pengilon di Desa Jatirejo Kecamatan Ngampel Kendal. Air terjun yang ada di bawah jembatan tua ini sering disebut mirip dengan air terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat. Inilah tujuan wisata baru bagi warga Kendal.

Dulu, lokasi ini tak begitu menjadi perhatian warga karena letaknya tersembunyi. Namun kini lokasi ini mulai ramai didatangi warga. Mereka memburu foto di atas jembatan tua yang berwarna-warni, hingga foto berlatar air terjun.

Kedung Pengilon berada 20 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Kendal. Tepatnya di Dukuh Mijil, Desa Jatirejo, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal. Tempat tersebut merupakan bendungan tua peninggalan Belanda.

kedung pengilon
Jembatan tua di atas Kedung Pengilon Kendal. Tempat ini sering menjadi tempat berswa foto para pengunjung. (foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

Jika musim hujan tiba, bendungan akan penuh dan meluap sehingga membentuk air terjun. Tingginya kurang lebih 10 meter dengan panjang 50 meter. Pada musim kemarau pemandangan digantikan dengan bebatuan di kedung. Ada pula taman di samping saluran irigasi yang dihiasi dengan payung-payung.

Sumarni, warga Kaliwungu mengatakan telah beberapa kali mendatangi Kedung Pengilon. “Dulu waktu saya kecil, beberapa kali datang ke sini. Tetapi kurang terawat dan tidak tertata. Sekarang sudah bagus, kesan angker sudah hilang. Jembatan tua sudah dicat berwarna-warni begini bagus,” katanya.

Air terjun mini yang ada di bawah jembatan tidak berubah sejak ia kecil. Itulah yang menjadi daya tarik pengunjung. Selain itu air terjun setinggi lebih dari 20 meter juga mulai ditata dan bisa dinikmati pengunjung.

“Tempat ini menarik, terutama bagi pecinta foto, atau selfie,” jelas Muhslichin, pengunjung lain.

Sayangnya, akses jalan ke Kedung Pengilon masih sulit. Pengunjung yang hendak ke Kedung Pengilon harus melewati jalan setapak yang licin. Sehingga kendaraan tidak bisa masuk jika kondisi hujan. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

17 + = 26

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.