Ada Nama Anies-Sandi di Naskah Soal Ujicoba UN SMP Magelang, Ini Respon Gubernur Ganjar

pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno
?

MAGELANG – Munculnya nama salah satu pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, dalam soal ujicoba UN kelas 9 atau 3 -SMP di Kota Magelang,  bikin geger dan menjadi viral di media sosial Nama pasangan cagub ini  masuk ke dalam naskah mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Nama Anies sendiri muncul pada soal nomor empat, dimana siswa diperintahkan mencari sebuah kalimat yang dinilai rancu, dari satu paragraf berisi riwayat hidup mantan menteri pendidikan tersebut, yang dituliskan telah akrab dengan budaya organisasi dan kepemimpinan sejak usia belia.

Sementara nama calon wakilnya, yakni Sandiaga Uno muncul secara berurutan pada soal nomor lima. Dalam soal itu, dijabarkan biografi singkat dirinya, perihal track record akademik, serta kesuksesannya menembus deretan orang terkaya di Indonesia. Kemudian, siswa diminta menemukan keistimewaan tokoh dari uraian tersebut.
Atas soal yang mencantumkan nama cagub itu, membuat pemilik akun twitter bernama @vannioktav menggugah ke medsos.  Ia mengunggah ke dunia maya, Selasa (14/3), serta ditautkan ke akun @ganjarpranowo milik Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Akun milik politisi PDI Perjuangan yang telah terverifikasi tersebut, langsung memberi respon dan mempertanyakan kebenaran gambar yang ditautkan kepadanya itu, pada Kamis (16/3). “Masak sih? Itu beneran?,” tanya Ganjar, membalas tautan @vannioktav.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Magelang Taufik Nurbakin mengaku kaget dengan munculnya soal yang menyebut nama cagub DKI karena berbau politis. Soal itu sendiri dikerjakan siswa pada 6 Maret lalu.”Saya sendiri kaget dengan hal ini dan baru mengetahui pada Jumat (17/3) setelah banyak pesan dari WA yang masuk,” katanya.

Dikatakan oleh Taufik. Dalam ujicoba UN ini, pembuat soal adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Ada tiga paket yg dimuat. Dimana setiap paket selalu dimunculkan nama tokoh. Paket  pertama memunculkan tokoh mantan Menlu Ali Alatas dan Novelis Asma Nadia.

Paket kedua memunculkan nama cagub Anis -Sandi. “Kenapa muncul nama yang saat ini sedang mencalonkan diri jadi Gubernur DKI, sedang kami dalami. Pengawasan pembuatan soal tidak sampai ke Disdik karena tarafnya masih ujicoba.”

Sore tadi, pihaknya langsung mengumpulkan seluruh kepala sekolah, MKKS, MGMP, pengawas sekolah dan guru yang diduga membuat soal tersebut. Nampak hadir pula Sekretaris Daerah ,Sugiharto.

Pertemuan itu dilaksanakan untuk meminta klarifikasi dari pembuat soal apakah ada unsur kesengajaan atau tidak. Sebab ada unsur politis dalam naskah soal ujicoba UN tersebut. (MJ-24).

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 85 = 91

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.