Ada Matsunaga, Siapa bakal Tergusur?

PSIS juga diuntungkan dengan kemampuan Shohei Matsunaga yang bisa dimainkan di banyak posisi. Eks gelandang Schalke 04 II itu pernah bermain dalam tujuh posisi berbeda, termasuk sebagai striker.

SEMARANG – Shohei Matsunaga menawarkan banyak opsi di lini tengah PSIS Semarang. Kehadiran gelandang Jepang ini bisa menjadi ancaman pemain-pemain lokal Mahesa Jenar. Siapa yang bakal tergusur?

Shohei Matsunaga bakal menambah persaingan di lini tengah PSIS Semarang. Foto: metrojateng.com/tri wuryono

Matsunaga resmi menandatangani kerja sama dengan PSIS untuk satu musim ke depan, Minggu (31/3/2019). CEO PSIS Yoyok Sukawi bilang bahwa pemain 30 tahun itu didatangkan untuk menyegarkan lini tengah timnya usai hasil kurang memuaskan di Piala Indonesia dan Piala Presiden.

Di turnamen Piala Presiden, gelandang-gelandang PSIS dinilai kurang cakap dalam menyuplai bola kepada Claudir Marini Jr. Tiga gol dalam tiga laga mengindikasikan ada yang belum beres dengan permainan skuad arahan Jafri Sastra.

Tim Ibukota Jateng juga kehilangan sosok eksekutor bola mati yang musim lalu dipercayakan kepada Bruno Silva. Bahkan gawang PSIS harus dihukum empat gol dari bola mati Bhayangkara FC di babak 16 besar Piala Indonesia.

Shohei Matsunaga dianggap sebagai solusi terbaik yang tersedia di bursa transfer. Di Liga 1 2018, pemain kelahiran 7 Januari 1989 itu menjalani musim terbaiknya selama berkarir di Indonesia.

Meski gagal menyelamatkan PSMS Medan dari jerat degradasi, Shohei sukses melesakkan 10 gol. Empat gol juga ditorehkan bersama Persela Lamongan. Dia juga piawai mengeksekusi bola mati.

Beberapa posisi yang pernah dimainkan Shohei Matsunaga. Foto: dok transfermarkt

PSIS juga diuntungkan dengan kemampuan Shohei Matsunaga yang bisa dimainkan di banyak posisi. Dari statistik yang dihimpun metrojatengcom, eks gelandang Schalke 04 II itu pernah bermain dalam tujuh posisi berbeda, termasuk sebagai striker.

Dengan kemampuan kaki kanan dan kiri yang sama bagusnya, head coach Jafri Sastra punya pilihan memainkan Matsunaga di kedua sisi sayap. Di posisi itu sebelumnya sudah ada Hari Nur Yulianto, Bayu Nugroho dan Komarudin. Septian David Maulana pun bisa bermain lebih melebar.

Shohei juga bisa bermain sebagai gelandang serang maupun gelandang tengah. Satu posisi di lini tengah hampir pasti menjadi milik pemain Brasil yang konon bakal merapat dalam waktu dekat.

Statistik Shohei Matsunaga dalam beberapa posisi yang pernah dia mainkan. Foto: dok transfermarkt

Di pos gelandang tengah, Shohei Matsunaga akan bersaing dengan M Yunus, Arthur Bonai, Heru Setyawan serta dua youngsters, Tegar Infantrie dan Eka Febri. Musim kemarin, tiga gelandang tengah biasa diperankan Yunus, Ibrahim Conteh dan Nerius Alom. Dua nama terakhir sudah tidak lagi berada di tim.

Dengan kehadiran Shohei Matsunaga di dalam tim, setidaknya juga bisa meningkatkan level persaingan sesama penggawa Mahesa Jenar. Jika bos PSIS menginginkan gelandang pembagi bola, maka sangat mungkin Matsunaga bakal lebih sering dimainkan di tengah. (twy)

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.