indonesia-cari-bakat

Abaikan Golkar, PKS Magelang Merapat ke Demokrat

Ilustrasi
Ilustrasi

MUNGKID– Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Magelang resmi dilantik oleh Pengadilan Negeri setempat, Selasa (26/8/2014) pagi. Dalam waktu dekat akan segera dilakukan penyusunan alat kelengkapan badan legislator itu.

Sejauh ini baru terbentuk pimpinan sementara DPRD yang berasal dari PDI P dan PKB. Pimpinan ini akan mengantarkan sampai terbentuknya seluruh alat kelengkapan mulai dari pimpinan definitif hingga fraksi.

“Saat ini, ketua dan Wakil Ketua sementara masih menyusun jadwal untuk panduan kerja dalam beberapa hari mendatang. Terutama meneyangkut agenda rapat-rapat pembentukan fraksi dan alat-alat kelengkapan Dewan,” kata Sekretaris DPRD, Mulyono.

Dua dari delapan partai yang menempatkan kadernya di DPRD, tidak memenuhi syarat untuk membentuk fraksi secara mandiri. Yakni, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat (PD) yang masing-masing hanya meraih tiga kursi.

Arif Rohman Imam, dari PKS, menyadari, dengan tiga kursi yang dimiliki pihaknya tak mungkin dapat membentuk fraksi sendiri. Sebab itu, sejak beberapa waktu lalu, DPD PKS telah menjalin komunikasi intensif dengan partai-partai lain.

“Kendati begitu, kami belum memutuskan untuk bergabung ke fraksi mana. Termasuk kemungkinan untuk membentuk fraksi gabungan bersama (Partai) Demokrat,” kata Imam, ditemui usai dilantik bersama 49 anggota DPRD periode 2014-2019 di GOR Gemilang.

Pembentukan fraksi gabungan PKS dan PD, nampaknya dapat terelisasi. Apalagi PKS terkesan tak ingin lagi menyatu dengan Fraksi Partai Golkar seperti selama periode sebelumnya. Selain juga mendapat respons positif dari pihak PD.

“Kami sudah melakukan lobi-lobi dengan sejumlah partai. Namun, dalam komunikasi awal dengan PKS, kami sepakat melebur dalam satu fraksi. Namun belum ada keputusan final, karena ada beberapa hal yang perlu dibahas lebih lanjut,” kata Sawoyo, dari PD. (MJ-14)

Anda mungkin juga berminat
Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

26 − = 20

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.