99 Tahanan Mapolda Jateng dan Polrestabes Semarang Nyoblos di Balik Jeruji Besi

TPS Khusus

Jumlah pemilih yang terverifikasi KPU sebanyak 46 orang dari total 70 penghuni ruang tahanan, sisanya tidak terverifikasi

SEMARANG – Sebanyak 99 tahanan yang masih dalam proses penyidikan di Mapolda Jateng dan Polrestabes Semarang tidak ketinggalan untuk menyalurkan hak suaranya dalam Pilpres dan Pileg 2019 ini. Puluhan tahanan tersebut mencoblos melalui TPS khusus yang difasilitasi oleh Diri Tahti Polda Jateng dan Sat Tahti Polrestabes Semarang, Rabu (17/4/2019).
Proses pencoblosan para tahanan di lingkungan Dit Tahti Polda Jateng. (metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar)

 

Proses pencoblosan di Dit Tahti Mapolda Jateng dimulai pukul 13.15. Jumlah pemilih yang terverifikasi KPU sebanyak 46 orang dari total 70 penghuni ruang tahanan. Sisanya tidak terverifikasi atau tidak memenuhi syarat untuk mencoblos karena tidak memiliki KTP atau data KTP tidak akurat.

“Tadi dari KPPS tiba pukul 13.00 dan pukul 13.15 sudah mulai pencoblosan. Total tahanan di Dit Tahti Polda Jateng ada 70 orang tetapi yang punya hak pilih atau yang memenuhi persyaratan hanya 46 orang sedangkan 24 orang tidak punya KTP atau tidak ada KTP yang akurat,” kata Wadir Tahti Polda Jateng, Kompol Agus Sulton, saat ditemui usai pencoblosan.

Agus menjelaskan kegiatan tersebut untuk memfasilitasi tahanan dalam menyampaikan aspirasinya dalam pemilu. Beberapa pekan sebelumnya Dit Tahti Polda Jateng sudah melakukan sosialisasi, termasuk mengundang tim dari KPU Kota Semarang.

Sementara dari 46 tahanan tersebut ada satu orang tahanan yang harus dibantu dan didampingi oleh petugas TPS karena sedang sakit dan penglihatan kabur. Proses pemungutan suara di TPS khusus Rutan Dit Tahti Mapolda Jateng dibantu oleh petugas dari TPS 2 dan 15 Kelurahan Mugasari, Kecamatan Semarang Selatan.

“Untuk penggunaan surat suara, dari 46 tahanan itu ada yang mendapat satu surat suara, ada yang dua, dan ada yang tiga. Itu melihat data dari KTP. Kalau tahanan yang domisili di Semarang Selatan berarti dapat lima surat suara untuk dicoblos,” paparnya.

Terpisah, proses pencoblosan di ruang tahanan Mapolrestabes Semarang diikuti oleh 53 tahanan yang sudah terverifikasi oleh KPU. Proses pencoblosan dibantu oleh empat TPS di sekitar Mapolrestabes Semarang. Masing-masing TPS 11,12,13, dan 14 Kelurahan Barusari, Kecamatan Semarang Selatan.

“Pencoblosan di sini bentuknya TPS Khusus, surat suaranya dari sisa di empat TPS di sekitar Polrestabes Semarang. Perangkat pemilihan lengkap semua ada,” ungkap Kasat Tahti Polrestabes Semarang Kompol Baihaqi. (aka)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.