75 Persen Pekerja Asing di Jateng Belum Lulus Uji Kompetensi Bahasa Indonesia

Ilustrasi (sumber: onenews.id)

SEMARANG – Jumlah tenaga kerja asing (TKA) yang lolos uji kompetensi berbahasa Indonesia di Jawa Tengah baru sebesar 25 persen atau sekitar 500 orang dari total 2.000 orang yang bekerja sampai saat ini.Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertrans) Jateng Wika Bintang menyebutkan hasil uji kompetensi bahasa Indonesia itu ia dapatkan sejak diselenggarakan awal April kemarin hingga saat ini.

“Baru 25 persen pekerja asing yang dinyatakan lulus kursus bahasa Indonesia. Jumlahnya yang masih sangat sedikit ini akan kami kejar terus agar semua pekerja asing bisa menuntaskan kursusnya. Karena kan penting untuk proses tukar ilmu dengan buruh lokal,” kata Wika, Senin (9/10).

Karenanya, ia akan terus mendorong sembari memantau pelaksanaan sertifikasi bahasa Indonesia yang digelar di tiap daerah.”Kami sudah bekerjasama dengan Unnes, Undip dan beberapa kampus lainnya untuk menggelar kursus bahasa Indonesia. Tentu bahasa jadi kunci komunikasi, jika komunikasi lancar maka pekerjaan akan lebih baik. Ilmu yang dimiliki bisa diserap oleh pekerja lokal,” terangnya.

Pelaksanaan sertifikasi bahasa Indonesia tersebut telah sesuai dengan ketentuan UU Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Di Luar Negeri (PPILN).

Untuk sementara ini, terdapat 2.000 pekerja asing yang bekerja di wilayahnya. Mereka kebanyakan dari Tiongkok.Ia memastikan bahwa status para pekerja asing itu bersifat legal. Keberadaan mereka kebanyakan di sektor industri besar yang kerjasama dengan investor asing.

Pekerja yang belum fasih berbahasa Indonesia disarankannya agar mengikuti kursus di lembaga resmi yang telah ditunjuk oleh pihaknya. “Kami sudah menunjuk Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Lembaga Bahasa Indonesia untuk menyelenggarakan uji kompetensi berbahasa Indonesia,” terangnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 6 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.