7,5 Juta Surat Suara di KPU Brebes Mulai Dilipat

Proses pelipatan dan sortir ini akan memakan waktu sekitar 15 hari. Di mana setiap pekerja pelipat mulai melakukan pelipatan sejak pukul  08.00 hingga 16.00.

BREBES – Sebanyak 7,5 juta surat suara Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi, Kabupaten dan DPD di Kabupaten Brebes mulai dilipat Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Sabtu (9/3/2019) pagi. Pelipatan melibatkan 700 orang yang tersebar di 17 lokasi berbeda.

KPU Brebes melibatkan warga setempat untuk dijadikan tenaga pelipat surat di 17 kecamatan. Foto : metrojateng.com/ adithya

“Mulai hari ini serentak proses pelipatan dan sortir surat suara di 17 kecamatan. Jumlahnya menyesuaikan dengan DPTHP tahap dua, yakni 1.528.649 ditambah 2 persen,” kata Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi.

Menurut Riza, proses pelipatan suara pada pemilu kali ini dilakukan di 17 lokasi berbeda. Tiga kecamatan masing-masing Songgom, Brebes, Wanasari dan Jatibarang dilakukan di kecamatan Brebes. Sedangkan lainnya disebar di 13 kecamatan.

Adapun pelipatan yang dilakukan di tiap-tiap kecamatan dimaksud agar mempermudah proses distribusi dari PPK ke PPS dan TPS. Selain itu, juga untuk mempercepat pelipatan mengingat jumlah lembar suara di Brebes cukup banyak.

Meski dilakukan secara terpisah, namun pengamanan tetap dilakukan secara ketat. Selain dari Panwascam, pihak KPU juga melibatkan jajaran Kepolisian serta TNI.

“Untuk keamanan proses pelipatan kami sudah berkoordinasi dengan aparat kemanan di masing-masing kecamatan untuk menjaganya. Jadi sangat kecil munculnya tindak kecurangan dalam pelipatan surat suara,” tandasnya.

Ditambahkan Riza, pihaknya memperkirakan proses pelipatan dan sortir ini akan memakan waktu sekitar 15 hari. Di mana setiap pekerja pelipat mulai melakukan pelipatan sejak pukul  08.00 hingga 16.00. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.