Tahun Ajaran Baru di Tengah Covid-19, AGPAII Jateng Siapkan Alternatif Pembelajaran PAI

(sebelah kiri) Dr. Muhammad Ahsan dan Hery Nugroho, M.S.i

SEMARANG – Pembelajaran Tahun Ajaran Baru 2020/2021 akan dimulai pada pertengahan bulan Juli 2020. Namun perkembangan pandemi Covid-19 di Jawa Tengah saat ini masih mewabah dan masuk tahap new normal.

Agar pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tetap dapat menjangkau semua lapisan peserta didik, maka Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) di Jawa Tengah diharapkan dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka secara virtual, maupun tatap muka secara fisik dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam rangka fasilitasi dan penjaminan agar pembelajaran PAI dapat menjangkau seluruh lapisan tersebut, Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jawa Tengah akan menyelenggarakan program AGPAII Mengajar. Baik secara online, on air, maupun tatap muka dengan protokol kesehatan.

Ketua DPW AGPAII Jawa Tengah Dr Muhammad Ahsan, S.Ag, M.Kom menjelaskan, bahwa pembelajaran online diperuntukkan bagi semua jenjang mulai dari TK, SD, SDLB, SMP, SMA, dan SMK dari pukul 08.00-11.45 sesuai dengan jadwal.

Teknis pembelajarannya diungkapkan setiap hari Guru PAI yang terpilih di Jawa Tengah dan kompeten sesuai bidang dan jenjang nantinya akan mengajar secara tim teaching, yang akan dipandu oleh pemantik dari unsur pengawas PAI di sekolah secara daring.

Dengan cara semacam ini maka guru tidak hanya memberikan tugas kepada peserta didik, namun guru juga menyampaikan materi yang menarik agar dipahami dan dimengerti oleh peserta didik.

“Pembelajaran team teaching tersebut akan dihubungkan ke channel youtube dan media sosial DPW AGPAII Jawa Tengah. Insyaa Allah pelaksanaan pertama kali nanti akan dimulai hari Senin, 20 Juli 2020. Nantinya, peserta didik semua jenjang bisa mengakses dimanapun dan kapan pun,’’ ungkap Muhammad Ahsan, Rabu (10/2/2020).

Selain itu juga peserta didik dapat berinteraksi dan bertanya terkait materi tersebut dengan GPAI yang mengajar. ‘’Untuk memantapkan dalam pelaksanaannya, DPW AGPAII Jawa Tengah berkolaborasi dengan Pengurus Pokjawas PAI, FKG TK, KKG PAI SLB, KKG PAI SD, MGMP PAI SMP, SMA, SMK Provinsi Jawa Tengah,” tegasnya.

Dalam pelaksanaannya, Hery Nugroho, Sekretaris DPW AGPAII Jawa Tengah menambahkan bahwa kegiatan ini dibiayai secara mandiri oleh AGPAII Jawa Tengah. Karenanya, untuk keberlanjutan program dan pelayanan kepada peserta didik dan pendidik, AGPAII Jawa Tengah membuka donasi dari masyarakat luas di nomor rekening DPW AGPAII Jawa Tengah, 0435-01-006261-53-8 (Bank BRI).

Pembelajaran on air

Untuk mengantisipasi peserta didik yang terkendala dengan sinyal dan biaya kuota internet, DPW AGPAII Jawa Tengah akan melanjutkan kerjasama dengan RRI Semarang dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah.

Menurut Hery kerjasama ini merupakan lanjutan dari program semester yang lalu selama bulan Ramadhan dalam mendukung program pemerintah belajar dari rumah. ‘’Alhamdulillah program ini mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari peserta didik maupun masyarakat. Komunikasi dengan RRI Semarang sampai sekarang, insyaa Allah program ini akan dilanjutkan pada tahun ajaran baru,’’ katanya.

Selain itu, disebutkan DPW AGPAII Jawa Tengah tetap mensupport pelaksanaan pembelajaran PAI secara tatap muka, apabila nantinya dari pemerintah mengijinkan untuk pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan mengikuti protokol kesehatan.

‘Prinsipnya dari AGPAII telah menyiapkan model pembelajaran dengan berbagai kondisi, baik dengan pola pembelajaran jarak jauh, pola bergilir (shift), pola kombinasi dan pola regular (tatap muka). Tentunya dari AGPAII berharap wabah Covid 19 segera berakhir, sehingga pada tahun ajaran baru nanti bisa berjalan dengan normal kembali,” tegas Hery. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.