70 Paskibraka Kendal Akan Dikarantina

foto: ilustrasi

KENDAL – Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang kelak bertugas dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72 di Kabupaten Kendal, mulai menjalani latihan rutin. Mereka adalah 70 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas dan sederajat dari seluruh Kendal. Pelatih dari Komando Distrik Militer (Kodim) Kendal menjadi salah satu penggembleng dalam latihan mereka.

Selain itu, Pembina Paskibraka serta Purna Paskibraka Indonesia (PPI) juga turut melatih. Seluruh peserta dilatih kedisiplinan hingga latihan fisik. Menjelang 17 Agustus mendatang mereka akan menjalani karantina selama enam hari.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal, Tavip Poernomo mengatakan, 70 anggota Paskibraka Kendal tahun ini merupakan hasil seleksi yang diikuti 560 siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat.

“Sebenarnya yang lolos seleksi 71 peserta. Namun, satu peserta yakni Regita Debi Marsanda lolos seleksi ke tingkat Jawa Tengah, sehingga ia akan mewakili Kendal menjadi anggota Paskibraka di tingkat Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Menurut Tavip, latihan Paskibraka bertujuan untuk mempersiapkan pasukan pengibar bendera pusaka yang handal, disiplin, dan bertanggung jawab. Selain itu, juga untuk memberikan pendidikan kesadaran nasionalisme serta mewujudkan generasi bangsa berkarakter.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Bambang Dwiyono menyebut suksesnya pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus mendatang ditentukan oleh kerja sama dan kekompakan seluruh anggota Paskibraka. Oleh sebab itu, ia mendukung dan menyambut baik adanya latihan tersebut.

“Kegiatan ini sekaligus bisa menjadi pembinaan dan pengembangan generasi muda di Kendal. Kepada anggota Paskibraka selalu menjaga kesehatan karena dibutuhkan stamina yang prima dan kecerdasan emosional yang tinggi. Menjadi personel Paskibraka membutuhkan keseriusan dan kesungguhan fisik maupun mental. Kepada pelatih atau instuktur supaya bisa memberikan pembinaan, melatih dan mendidik anggota Paskibraka dengan sebaik-baiknya,” pesannya. (MJ-01)

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 3 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.