7 Alasan Kenapa Wifi Jadi Lambat

Banyak Mendownload Dengan Kapasitas Yang Besar

Kecepatan yang stabil akan meningkatkan kenyamanan pengunjung saat dukduk santai sembari memantau lini masa media sosial maupun menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet.

SEMARANG – Salah satu daya tarik sebuah kafe atau tempat ngopi ialah adanya wifi gratis. Apalagi kecepatan yang stabil akan meningkatkan kenyamanan pengunjung saat dukduk santai sembari memantau lini masa media sosial maupun menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet. Namun, jika wifi kerap mengalami masalah, bisa saja banyak pelanggan yang meninggalkan kafe yang telah kita bangun. Nah untuk menghindari itu, berikut 7 penyebab melambatnya wifi yang harus diantisipasi.

Gmedia Wifi Cepat di Semarang
Foto: Ilustrasi

1. Wifi Terlalu Banyak Pengguna

Salah satu penyebab Wifi lambat yaitu karena terlalu banyak pengguna yang memakai Wifi. Karena Wifi bisa digunakan oleh siapapun selama orang tersebut berada dalam jangkauan router. Apalagi kalau Anda memakai Wifi di tempat umum, yang semua orang bisa menggunakannya. Karena banyaknya pengguna yang memakai Wifi tersebut, kemungkinan besar Anda akan kesulitan untuk mengakses internet dengan lancar.

2. Kabel LAN Terputus

Cek terlebih dahulu kabel LAN pada router Wifi. Jika penyebabnya bukan kabel LAN yang terputus, bisa saja Anda belum menyambungkan kabel LAN tersebut atau Anda salah menyambungkan kabel LAN untuk Wifi.

3. Koneksi Pada Wifi Bermasalah

Anda sudah mengaktifkan jaringan Wifi tetapi koneksi internet tetap lambat ? mungkin itu dikarenakan koneksi pada Wifi sedang bermasalah. Maka dari itu Anda harus mengecek kecepatan internet terlebih dahulu. Cobalah untuk online menggunakan kabel Ethernet dan Anda dapat mengecek kecepatan koneksi internet tersebut secara online. Jika kecepatan internet masih wajar dan cenderung normal mungkin Anda salah menaruh posisi pada router Wifi.

4. Peletakan Router Wifi yang Terlalu Jauh

Kapasitas jangkauan pada router Wifi memiliki jarak  tertentu. Maka dari itu jika Anda meletakkan router Wifi terlalu jauh, besar kemungkinan Anda sulit mendapatkan koneksi internet. Jadi, disarankan untuk menaruh router Wifi di tempat yang strategis.

5. Meletakkan Router Wifi Dekat Jendela

Jika Anda meletakkan router Wifi di posisi yang dekat dengan jendela itu dapat menyebabkan koneksi internet Wifi Anda menjadi lambat. Hal ini terjadi karena Wifi akan mengirimkan sinyal ke luar jendela. Artinya sinyal internet tersebut akan terbagi-bagi. Maka, letakkan router Wifi yang jauh dari jangkauan jendela, agar sinyal tidak terbagi dengan ruangan-ruangan yang berada di luar jendela.

6. Banyak Mendownload Dengan Kapasitas Yang Besar

Penyebab lainnya yaitu dikarenakan Anda banyak mendownload dengan kapasitas download yang besar. Memang dengan adanya Wifi membuat terpacu untuk mendownload sebanyak-banyaknya, seperti mendownload film, lagu, game dan lain-lainnya. Tetapi mendownload dengan kapasitas yang terlalu besar akan membuat koneksi internet menjadi lambat.

7. Meletakkan Router Berdekatan Dengan Barang Elektronik Lainnya

Apakah Anda meletakkan router Wifi berdekatan dengan barang elektronik yang lainnya ? hal tersebut akan membuat koneksi internet Anda lambat atau lemot. Karena barang elektronik tersebut dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bisa  mengganggu sinyal internet. Maka dari itu disarankan untuk meletakkan router Wifi yang jauh dari barang-barang elektronik lainnya seperti, TV, handphone, speaker dan barang elektronik lainnya agar sinyal Wifi bisa bekerja lebih optimal.

 

Artikel ini dipublikasikan atas kerjasama dengan GMedia.

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.