67 Tahanan Polrestabes Semarang Terverifikasi sebagai Pemilih

Tidak semua tahanan memenuhi syarat verifikasi sebagai pemilih.

SEMARANG – Sebanyak 67 Tahanan yang masih dalam proses penyidikan di Polrestabes Semarang telah terverifikasi sebagai pemilih tetap dan mendapatkan formulir A5 dari KPU. Puluhan tahanan dari berbagai kasus tindak pidana tersebut akan memberikan suaranya dalam pemungutan suara pada 17 April 2019 besok.

 

Ilustrasi.

 

 

“Total tahanan di ruang tahanan Sat Tahti Polrestabes Semarang ada 80 orang. Sebanyak 67 orang sudah terverifikasi sebagai pemilih dalam pemilu tahun ini,” kata Kasat Tahti Polrestabes Semarang Kompol Baihaqi, Selasa (16/4/2019).

Baihaqi menjelaskan tidak semua tahanan memenuhi syarat verifikasi sebagai pemilih. Itu karena di antara 80 tahanan ada yang tidak memiliki atau mengumpulkan kartu tanda penduduk (KTP).

“Sosialisasi sudah kami lakukan beberapa waktu lalu, keluarga setiap tahanan juga kami minta mengirim fotokopi KTP kalau tidak KK. Tapi ada yang KTP-nya hilang jadi tidak terverifikasi. Syarat utama itu kan KTP,” ungkapnya.

Proses pemungutan suara 67 Tahanan tersebut akan digelar di TPS khusus tahanan Polrestabes Semarang, besok pukul 12.00. Terkait pemungutan suara ini, pihak Polrestabes Semarang telah berkoordinasi dengan TPS terdekat. PPS dari TPS yang sudah ditentukan akan didatangkan ke Polrestabes Semarang bersama surat suara yang sudah disiapkan sesuai jumlah tahanan terdaftar sebagai pemilih tetap.

“Sistemnya seperti pemilu biasa. Petugas TPS akan datang ke Polrestabes dan tahanan akan bergiliran mencoblos. Tidak ada pengamanan khusus untuk proses pemungutan suara di halaman ruang tahanan ini,” pungkasnya. (aka)

 

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.