62 Persen Remaja Putri Tak Perawan Sejak SMP

image
Foto ilustrasi

SEMARANG – Ketua Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Jateng DR dr HT Mirza Iskandar, SpOG(K) mengatakan, kanker serviks adalah kanker yang tumbuh di daerah leher rahim. Penyakit ini disebabkan virus HPV (Human Papilloma Virus).

Dari penelitiannya, 99,6 persen wanita berisiko terkena HPV. Kanker tak hanya menyerang wanita berusia 30 tahun ke atas. Remaja juga rentan karena tingginya aktivitas seks bebas. Penelitian menyebutkan 62 persen remaja sudah tidak perawan sejak SMP.

Selain itu lima hingga enam persen remaja kelompok umur 13-16 tahun mengaku sudah pernah melakukan hubungan seksual di luar nikah. “Sebagian pasien yang saya temui terkena kanker sejak usia 16 tahun,” kata Mirza.

Ia menyarankan, sejak usia 10 tahun anak perempuan sudah divaksin untuk mencegah terkena virus HPV.

Pengecekan kanker rahim bisa dilakukan dengan uji medis pap smear dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Tapi ia lebih menyarankan pemeriksaan IVA karena lebih murah dan mudah. “IVA bisa dimana saja, oleh bidan, dokter umum yang sudah dilatih,” katanya, dalam Sosialisasi dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim di Gedung Wanita, Jalan Sriwijaya, Semarang, Kamis (16/4).

Ia menjelaskan, penyebab kanker biasanya disebabkan makanan yang mengandung bahan kimia, virus, dan radiasi. Selain itu kondom dan pembalut juga bisa memicu kanker.

Maka wanita harus menjaga kebersihan kewanitaannya, menghindari makanan cepat saji, dan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Mirza melanjutkan, kanker leher rahim penting diwaspadai karena gejalanya tidak bisa dirasakan penderita. Itulah mengapa 80 persen dari penderita kanker serviks sudah mencapai stadium 3 ketika sampai rumah sakit.

“DI Jateng jumlahnya sekitar 3000-an penderita,” kata Ketua Pengendali Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Jateng ini. (byo)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

75 − 69 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.