6.295 e-KTP Rusak Dimusnahkan di Banyumas

BANYUMAS – Ribuan keping KTP Elektronik yang sudah tak berlaku atau kadaluarsa dimusnahkan di halaman kantor Dindukcapil Banyumas, Selasa (18/12/2018). Kepala Dindukcapil, Kartiman menyebutkan sedikitnya 6.295 keping e-KTP kadaluarsa dimusnahkan.

Pemusnahan KTP Elektronik di kantor Dindukcapil Banyumas. Foto: metrojateng.com

“Pemusnahan bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab, termasuk untuk kepentingan dalam Pemilu 2019,” katanya, usai pemusnahan.

Selain itu, lanjutnya  Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri memerintahkan agar seluruh e-KTP yang sudah tidak berlaku segera dimusnahkan. “Perintah Pak Dirjen, e-KTP tidak berlaku segera dimusnahkan dengan digunting kemudian dibakar,” jelasnya.

Dikatakan, e-KTP dinyatakan invalid atau tidak berlaku dikarenakan beberapa hal. Di antaranya perubahan alamat tempat tinggal, ganti status, pekerjaan, atau fisiknya rusak.

Kartiman menambahkan, penanganan pembuatan atau pengurusan e-KTP hanya ditangani sejumlah petugas di Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk. “Blangko hanya berada di ruangan yang aman dan tidak dapat diakses oleh sembarang orang,” imbuhnya. (MJ-27)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.