504 Napi Lapas Purwokerto Dapat Remisi HUT RI, 14 Langsung Bebas

Warga Binaan dianugerahi remisi umum atau pemotongan masa pidana sebanyak satu hingga enam bulan.

BANYUMAS – Sebanyak 504 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Purwokerto mendapatkan remisi di Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia. Sebanyak 14 di antaranya dinyatakan langsung bebas.

Penyerahan remisi di Lapas Kelas IIA Purwokerto, Jumat (17/8/2018). Foto: metrojateng.com

Pemberian remisi diserahkan secara simbolik oleh Pj Bupati Banyumas Budi Wibowo, didampingi Kalapas Kelas II A Purwokerto Bambang Basuki, Jumat (17/8/2018) di halaman lapas setempat.

Kalapas Kelas II A Purwokerto, Bambang Basuki, menyampaikan Lapas Purwokerto saat ini dhuni sebanyak 1.065 warga binaan. Kapasitas normal 488 orang sehingga lebih dari 200 persen.

“Untuk tahun 2018 ini yang mendapatkan remisi umum sebanyak 504 orang. Sedangkan untuk Remisi Umum II sebanyak 14 orang langsung bebas,” ujarnya.

Pj Bupati Banyumas Budi Wibowo membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM menyampaikan, para narapidana dianugerahi remisi umum atau pemotongan masa pidana sebanyak satu hingga enam bulan.

“Remisi diharapkan membuat seluruh narapidana menyadari akan pentingnya menegakkan integritas. Karena remisi hanya akan diberikan kepada narapidana yang berkelakuan baik,” jelasnya.

Dikatakan Pj Bupati Banyumas, pemberian remisi ini merupakan hak narapidana, dan merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas diri yang sekaligus sebagai motivasi dalam mendorong warga binaan kembali kepada keluarga.

“Dengan kembali kepada keluarga, akan menjadikan kehidupan menjadi lebih baik,” tambahnya. (MJ-27)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.