Penduduk Kian Padat, Jatah Kursi Pileg Empat Daerah Bertambah

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menyatakan perolehan kursi di empat kabupaten/kota dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 nanti berubah total seiring meningkatnya jumlah penduduk di daerah tersebut.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo mengatakan keempat daerah yang mengalami perubahan kursi antara lain Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Semarang dan Kota Tegal.”Di daerah tersebut, jumlah kursinya berpotensi bertambah lima menjadi 50 kursi dibanding kondisi semula masih 45 kursi,” ungkap Joko, di sela rapat alokasi kursi untuk Pileg 2019, di Grand Egde Gajahmungkur Semarang, Selasa (19/12).

Ia menuturkan penambahan jumlah kursi telah disesuaikan dengan ketentuan UU Pemilu 2017 Pasal 191. Hal ini, lanjutnya untuk menyikapi adanya peningkatan jumlah penduduk di empat daerah yang terjadi saat ini.Menurutnya jika mengacu pada UU Pemilu 2017, daerah berpenduduk 500 ribu jiwa hanya mendapat perolehan 45 kursi. Sedangkan bagi daerah berpenduduk diatas 1 juta jiwa sampai 3 juta keatas mendapat jatah 50 kursi.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa untuk empat daerah itu semula memiliki kepadatan penduduk dibawah angka 1 juta jiwa. Tetapi, seiring berjalannya waktu saat ini jumlah penduduknya telah melesat naik diatas 1 juta jiwa.”Kalau di tiga kabupaten tadinya (jumlah penduduk) ada dibawah 1 juta jiwa. Ternyata sekarang sudah melebihi angka tersebut,” terangnya.

Ia menyebut perubahan jumlah kursi untuk menyesuaikan daerah pemilihan (Dapil) pada Pileg 2019 nanti. Ia mengaku para pemangku wilayah kini mulai bergairah untuk menata ulang tiap Dapil.”Harapan kami nanti ada penyesuaian pada Dapil masing-masing,”. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

18 + = 23

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.