Bayar Tagihan Air PDAM Tirta Moedal Kini Bisa Drive Thru

Walikota Semarang Hendrar Prihadi hadiri HUT PDAM Tirta Moedal ke-106. (foto: metrosemarang.com)

SEMARANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang meluncurkan sistem Drive Thru untuk pembayaran tagihan air. Dengan sistem ini pelanggan tak perlu repot mengantri untuk pembayaran air bersih di Kantor PDAM atau Kantor Pos. Bahkan tak perlu turun dari mobil.

Sistem Drive Thru baru diberlakukan di Kantor PDAM Jalan Dr Cipto. Namun nantinya akan ditambah jika program ini dirasa cukup berhasil. Inovasi PDAM dengan memberlakukan sistem pembayaran Drive Thru ini, adalah menjadi yang pertama di Indonesia.

Dirut PDAM Tirta Moedal Kota Semarang Etty Laksmiwati menjelaskan, pembayaran sistem Drive Thru diberlakukan sebagai komitmen PDAM untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. ‘’Warga yang sibuk kadang tidak sempat mengantri, dengan adanya Drive Thru bisa langsung jalan, tidak perlu parkir, ambil antrian dan lainnya,’’ katanya, Senin (16/10).

Peluncuran sistem Drive Thru sendiri telah dilakukan bersamaan dengan perayaan ulang tahun PDAM ke 106 tahun pada hari Minggu (15/10) kemarin. Selain meluncurkan sistem pembayaran Drive Thru, PDAM juga meluncurkan aplikasi Android Tirto Moedal.

Sedangkan mengenai aplikasi Android Tirto Moedal, Etty mengatakan masyarakat bisa mengirimkan keluhan dan juga masukan secara langsung ke PDAM. ‘’Sebenarnya kita juga sudah punya Facebook, Twitter dan media sosial lain, tapi kami merasa perlu ada inovasi lain yang bisa merespon secara lebih cepat,’’ ungkapnya.

Dengan aplikasi tersebut, pelanggan yang mengadu bisa langsung ditangani, karena juga disediakan GPS Tracker, sehingga posisi pengadu bisa segera diketahui, dan langsung ditangani. Selain melakukan pengaduan, pelanggan juga bisa mendapat informasi-informasi lain seperti informasi tagihan.

‘’Sebagai perusahaan daerah yang melayani masyarakat pastinya tidak lepas dari komplain. Dan agar penanganan lebih cepat, masyarakat bisa mengunduh aplikasi Tirto Moedal melalui Google Play. Bagi pelanggan yang ingin mengakses, harus menggunakan password yang bisa didapat di call center,’’ bebernya.

Sementara itu Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, dirinya mengapresiasi PDAM yang melakukan berbagai inovasi. ‘’Saya memang memerintahkan setiap OPD dan juga perusahaan daerah untuk melakukan berbagai inovasi, untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,’’ katanya.

Dia berharap, PDAM terus mampu melayani kebutuhan air bersih untuk masyarakat Kota Semarang. Meskipun telah menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan.

‘’Track record PDAM dalam empat tahun terkahir mengalami perbaikan yang signifikan. Namun, bukan berartri bisa santai-santai saja, PDAM harus bisa menindaklanjuti segala bentuk keluhan, laporan dari masyarakat dengan cepat.’’ tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 31 = 36

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.