Magelang Andalkan Sektor Jasa Pariwisata

Sekda Kota Magelang, Drs Sugiharto saat menerima rombongan peserta diklat manajemen kepemimpinan Pemerintah Kota Surakarta,Rabu, (4/10).(foto: metrojateng.com/ch Kurniawati)

MAGELANG Sektor jasa menjadi andalan Kota Magelang untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Sebab, Kota Sejuta Bunga dengan luas 18,12 kilometer persegi itu tidak memiliki sumber daya alam yang memadai.

“Kami hanya mengandalkan sektor jasa saja. Seperti jasa bidang pendidikan, kesehatan, perdagangan, pariwisata, dan jasa lainnya,” kata Sekretaris Daerah Kota Magelang, Sugiharto di hadapan rombongan peserta diklat manajemen kepemimpinan Pemerintah Kota Surakarta, Rabu (4/10).

Rangkaian diklat tersebut adalah melakukan kunjungan ke Kota Magelang. Dikatakan Sugiharto, jasa bidang pariwisata menjadi salah satu yang diandalkan Kota Magelang. “Semakin banyak orang yang datang dan berwisata di Kota Magelang, maka transaksi yang masuk akan semakin bisa menghidupi banyak warga Kota Magelang, imbuhnya.

Pihaknya berusaha memberikan kenyamanan kepada tamu dari manapun. Oleh sebab, kedatangan para tamu tersebut membawa dampak positif bagi Kota Magelang.

Selain sektor jasa yang mendominasi, penerimaan PAD Kota Magelang juga disumbang oleh pendapatan pajak. Bersumber dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pemerintah Kota Magelang memiliki terobosan untuk mendorong peningkatan penerimaan PBB dari warga masyarakat.

“Capaian PBB kami tahun ini sudah melebihi target. Kuncinya adalah kerjasama yang baik antara Pemkot Magelang dengan berbagai pihak terkait. Selain itu, juga dipicu dengan reward yang diberikan kepada pembayar PBB paling cepat dan tepat waktu, demikian Sugiharto.

Sementara itu, Ketua Rombongan, Joko Tri Wiyatno dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jateng mengatakan, tujuan dari kunjungan kerja yang dilakukan adalah untuk saling bertukar pengetahuan maupun pengalaman dalam bidang manajemen kepemimpinan.

“Kami sangat berterima kasih atas sambutan dan penerimaan yang baik dari Pemkot Magelang. Semoga kunjungan ini membawa kebaikan untuk semua pihak,” katanya. (MJ-24).

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

8 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.