Libur Sekolah, Anak-Anak Welahan Garap “Dukun”

Proses pembuatan film humor anak-anak Welahan. (foto: istimewa)
JEPARA – Anak-anak di Desa Teluk Wetan Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara punya cara sendiri untuk mengisi waktu libur sekolah kali ini. Mereka membuat film pendek bergenre humor.
Puluhan anak-anak usia SD hingga SMP berkumpul di Rumah Aksara Wilis Bersaudara, sebuah ruang kreatif di desa setempat. Dimulai dari breefing soal film berjudul “Dukun” yang akan mereka perankan, viting kostum, hingga pengambilan gambar.
Sedikitnya ada empat lokasi syuting yakni gedung sekolah, ruang dukun, dan dua ruang tamu sebuah rumah. Anak-anak terlihat ceria meski jarak antarlokasi cukup jauh dan ditempuh menggunakan sepeda ontel.
Wikha Setiawan, penggagas Rumah Aksara Wilis Bersaudara sekaligus ide cerita dalam film ini menuturkan bahwa kondisi saat ini perlu dibuka ruang kreatif bagi anak-anak, di tengah gempuran digitalisasi.
“Banyak permainan yang tidak bernilai edukasi. Maka, Rumah Aksara terus berupaya memberikan ruang bermain yang bernilai edukasi bagi anak-anak. Salah satunya membuat film pendek,” ujarnya, Kamis (21/9/2017).
Proses membuat film, lanjut dia, memberikan pengalaman bagi anak untuk bekerja secara kolektif, disiplin dan dapat membuka ruang imajinasi bagi mereka.
“Mereka juga mendapat penjelasan dari isi cerita. Sehingga selain memerankan tokoh, mereka juga belajar dari cerita film itu sendiri,” paparnya.
Film “Dukun” menceritakan betapa pentingnya proses untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Tidak semua hal dapat diperoleh dengan cara instan.
“Ada seorang ayah yang meminta bantuan dukun supaya anaknya dapat lulus ujian tes akhir sekolah. Tapi kenyataannya, anaknya terlalu percaya dan tidak belajar. Akhirnya, dia tidak lulus,” imbuh dia.
Dalam pembuatan film ini, Rumah Aksara Wilis Bersaudara menggandeng Komunitas Pojok Kidul, dan Silent Candle Production.
“Ini film pendek yang ketiga. Kali ini ada sekitar 20 anak SD dan SMP, dibantu temen-temen seniman muda di Komunitas Pojok Kidul dan Silent Candle Production. Rencananya, hasil akhir akan diputar di peringatan hari pahlawan nanti,” tandasnya. (red)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

43 − = 35

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.