Layanan Sertifikasi Dipercepat, Nilai Ekspor Ikan Tumbuh 14,95 Persen

Ilustrasi

SEMARANG – Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Kelas II Semarang menyatakan nilai ekspor produk perikanan yang tersertifikasi di Jawa Tengah selama tiga bulan terakhir mengalami pertumbuhan 14,95 persen menjadi Rp 828 miliar bila dibanding periode yang sama pada tahun lalu hanya berkisar Rp
704,2 miliar.

Pertumbuhan ekspor ikan seiring adanya peningkatan kualitas pelayanan sertifikasi melalui pengujian laboratoris yang lebih cepat dan akurat. Kepala Balai KIPM Kelas II Semarang, R Gatot Perdana mengatakan kondisi diatas menunjukkan jika geliat ekspor  perikanan di wilayahnya cukup tinggi dan berpengaruh terhadap perekonomian menjadi semakin baik.

“Pengawasan komoditi yang diekspor secara ketat kami lakukan dengan memastikan kesesuaian jenis dan ukuran. Tidak ada toleransi jika terdapat pelanggaran. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk ditindaklanjuti pada proses hukum,” kata Gatot kepada metrosemarang.com, Kamis pagi (7/9).

Adanya pertumbuhan ekspor ikan, berarti terdapat selisih nilai dengan tahun sebelumnya sebesar Rp 123,8 miliar. Untuk itulah, sebagai otoritas yang mendapat kewenangan didalam menjamin mutu dan keamanan hasil perikanan dapat terasa manfaat dan eksistensinya oleh masyarakat dan pelaku usaha perikanan.

Ia berharap mampu meningkatkan daya saing melalui sektor perikanan. Sedangkan, penerapan sistem HACCP di Unit Pengolahan Ikan dilakukan konsisten guna pemenuhan standar mutu pasar internasional.

“Sehingga kemungkinan adanya penolakan dari negara tujuan tidak terjadi. Misalnya produk mengandung bahan biologik, kimia maupun fisik, dan mengalami kemunduran mutu serta mengandung bahan yang berbahaya,” imbuhnya.

Ia pun mendorong pelaku usaha bertanggung jawab untuk tetap melaksanakan ketentuan ekspornya. Jika diketahui melanggar, maka sanksi administrasi dan teknis akan diberlakukan terutama menyetop internal suspend terhadap perusahaan yang bersangkutan. (far)

Anda mungkin juga berminat
Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 3 =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.