31 Kader Partai Berkarya Gagal jadi Caleg DPRD Jateng

Dari data KPU Jateng, 52 bacaleg yang gagal masuk DCS terdiri atas tujuh partai politik.

SEMARANG- Bakan calon legislatif (bacaleg) dari Partai Berkarya paling banyak gagal masuk dalam daftar calon sementara (DCS) calon legisltif DPRD Jawa Tengah 2019.

Petugas partai politik memeriksa berkas bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi Jawa Tengah. Foto MetroJateng

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, terdapat 52 bacaleg yang gagal melanjutkan tahapan berikutnya.

“Dari 1.374 bacaleg DPRD Jateng, setelah diverifikasi dan dikembalikan ke partai untuk perbaikan, ada 52 orang yang berkasnya tidak memenuhi syarat. Sejak awal tidak memenuhi syarat. Bahkan, tidak kunjung memperbaiki berkasnya. Akhirnya mereka dicoret,” kata Joko kepada metrojateng.com, Senin (13/8/2018).

Dari data KPU Jateng, 52 bacaleg yang gagal masuk DCS terdiri atas tujuh partai politik. Sebanyak 31 bacaleg dari Partai Berkarya, sembilan bacaleg PSI, empat bacaleg PPP, tiga bacaleg PBB, tiga bacaleg Hanura, satu bacaleg Partai Persatuan Indonesia dan satu bacaleg PKPI.

“Kebanyakan gagal masuk DCS, karena terganjal usia karena per 20 September 2018 harus berumur minimal 21 tahun. Tetapi bisa juga disebabkan bacaleg itu pernah jadi mantan narapidana korupsi,” bebernya.

Joko memastikan bacaleg yang lolos proses verifikasi saat ini tinggal menyisakan 1.322 orang. Menurutnya, dari jumlah sebanyak itu, bacaleg perempuan yang lolos DCS mencapai 531 orang atau terdapat keterwakilan perempuan sebesar 40,2 persen.

Setelah DCS diumumkan selama tiga hari, Joko mengatakan akan meminta masukan dari masyarakat hingga 21 Agustus 2018. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.