21 Rumah di Magelang Rusak Disapu Puting Beliung

Di Kecamatan Salaman ada 17 rumah rusak ringan, Kecamatan Dukun dan Tempuran masing-masing 2 rumah.

MAGELANG – Sebanyak 21 rumah di beberapa wilayah kecamatan mengalami kerusakan setelah disapu angin puting beliung dan tertimpa pohon tumbang, Jumat (11/1/2019). Jumlah kerusakan paling banyak ditemukan di Kecamatan Salaman.

Penanganan pohon tumbang di Sojomerto Lor, Sidomulyo, Salaman. Foto: metrojateng.com/dok BPBD Kabupaten Magelang

“Rata-rata rumah mengalami kerusakan ringan dan alhamdullilah tidak ada korban jiwa,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto.

Dia mengatakan, di Kecamatan Salaman ada 17 rumah rusak ringan. Berikutnya di Kecamatan Dukun dan Tempuran masing-masing 2 rumah. Di Kecamatan Salaman, Dukun dan Borobudur, ada pohon roboh yang menutup akses jalan dan menimpa jaringan listrik.

“Di Kecamatan Tempuran, dua rumah rusak akibat tertimpa tanah longsor,” terang Edi.

Ia menambahkan, di Kecamatan Salaman, pohon tumbang yang menutup akses jalan berada di Dusun Ngadiwongso. Sedangkan rumah rusak terdapat di beberapa desa antara lain di  Ngadirejo, Sidomulyo, Krasak, Kalisalak, Sriwedari dan Sawangargo.

Sementara itu di Kecamatan Dukun, pohon roboh menutup akses jalan utama di Dusun Banggalan Desa Dukun. Demikian juga di Dusun Suruh dan Dukuhan Desa Sumber, serta Dusun Argosono desa Kalibening.

Di Kecamatan Borobudur, pohon roboh menutup akses jalan berada di Desa Candirejo. Demikian pula di Kecamatan Tempuran, tanah longsor di Dusun Bebegan dan Kijingsari Desa Jogomulyo.

“Tanah longsor menimpa rumah dan menyebabkan kerusakan ringan,” ungkapnya.

Menurut Edi, pihaknya segera melakukan assesment dengan melibatkan banyak unsur, seperti TRC BPBD, TNI, Polri, relawan, damkar, masyarakat dan unsur lainnya. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.