20 Unit Bus Sekolah Gratis untuk Pelajar Sedang Disiapkan

BRT Trans Semarang. (foto: metrosemarang.com)

SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang akan menyediakan bus sekolah untuk para pelajar. Tidak tanggung-tanggung sebanyak 20 unit bus sekolah akan disediakan bantuan dari Kementerian Perhubungan.

Animo masyarakat khususnya para pelajar menggunakan layanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang sangat tinggi. Kenaikan jumlah penumpang pada tahun 2017 mencapai 13,41 persen dari tahun sebelumnya.

Khusus penumpang pelajar sendiri kenaikan mencapai 25,88 persen menjadi 2.528.503 pelajar di tahun 2017 dari tahun sebelumnya hanya 1.874.65 orang pelajar.

Di akhir tahun 2017 Dinas Perhubungan Kota Semarang pun kemudian sudah mengajukan bantuan bus kepada Menteri Perhubungan sebanyak 67 unit bus, dimana 20 di antaranya adalah untuk bus sekolah. Diperkiran bus tersebut secara bertahap akan diserahterimakan pada tahun ini.

Plt Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan mengatakan, sisanya sebanyak 47 bus bantuan tersebut terdiri dari 10 bus ukuran besar dan 37 bus ukuran sedang.

‘’Bus sebanyak 47 unit itu untuk menambah jumlah bus koridor I dan juga persiapan untuk penambahan koridor VIII. Serta juga penambahan di beberapa koridor yang sudah berjalan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan agar headway antar armada bisa lebih dekat,’’ katanya, Kamis (1/2).

Sedangkan untuk 20 unit bus sekolah nanti direncanakan diutamakan untuk operasional melayani seluruh rute sekolah yang selama ini belum tersentuh rute bus Trans Semarang. Dalam hal ini pihaknya akan berkoordinasi bersama dengan Dinas Pendidikan.

Dikatakan, pelajar yang menggunakan bus sekolah tersebut tidak akan dikenakan biaya sedikitpun alias gratis. ‘’Komposisi tempat duduk untuk bus sekolah berbeda spesifikasi dengan bus Trans Semarang, yaitu seluruh kursi menghadap depan dengan kapasitas kurang lebih 40 tempat duduk,’’ katanya.

Sedangkan rute bus sekolah nantinya juga akan berhimpitan dengan rute bus Trans Semarang. Sehingga para pelajar yang saat ini sekolahnya belum terjamah rute Trans Semarang akan dapat beralih dari bus Trans Semarang ke bus sekolah begitu juga sebaliknya. Sehingga akan dapat menekan pengeluaran uang saku untuk transport. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 7 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.