172 Perwira TNI AD Ikuti Wisuda Purnawira

Wisuda purnawira merupakan ungkapan rasa menghargai yang tulus dan hormat dari segenap jajaran TNI AD kepada para pendahulunya.

MAGELANG– Sebanyak 172 perwira tinggi (pati) TNI AD memasuki masa purnawira, termasuk jenderal bintang empat, mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Mulyono. Namun yang melaksanakan upacara wisuda purnawira di lapangan Pancasila Akmil Magelang, Senin (11/11/2019) hanya 168 perwira.

Wisuda Purnawira Perwira TNI AD di Akmil Magelang, Senin (11/11/2019). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Ada empat perwira tinggi yang tidak hadir untuk wisuda pati karena sedang sakit dan ada yang dinas di luar negeri,” kata KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa.

Ia mengatakan, wisuda purnawira merupakan ungkapan rasa menghargai yang tulus dan hormat dari segenap jajaran TNI AD kepada para pendahulunya.

Para perwira tinggi yang ikut diwisuda antara lain Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Terawan Agus Putranto, mantan Pangkostrad Letjen (Purn) Edy Rahmayadi yang kini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara, Letjen (Purn) Agus Suryabhakti, mantan Sesmenkopolhukam yang juga suami artis Bella Saphira, serta Mayjend TNI Sunindyo (mantan pangdam IV/Diponegoro) yang terakhir menjabat sebagai tim ahli pengkaji bidang strategis Lemhannas RI.

Wisuda purnawira Pati tersebut juga merupakan tradisi di TNI AD yang menggambarkan eratnya ikatan batin keluarga besar AD dan salah satu bagian penting dalam perjalanan sejarah TNI AD. 

“Sumbangsih mereka tetap kami perlukan, terbukti mereka ada yang menjabat di kemenkes, polhukam dan laian sebagainya,” kata Andika.

Sebagai bukti terjadinya alih generasi dalam tubuh TNI , khususnya di lingkungan TNI AD, pada acara tersebut mantan KSAD, Jenderal TNI (Purn) Mulyono secara simbolis menyerahkan tiga pedang kepada perwakilan tiga generasi penerus TNI AD. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.